Apa Ciri-Cirinya Burung Cucak Ijo Mini?

Advertisement
Advertisement
Burung cucak ijo bisa dibilang saat ini sedang naik daun dan peminatnya semakin meningkat, hal ini terlihat di berbagai pasar burung di berbagai daerah yang mana penjualan burung cucak ijo mini cukup laris. Memang cucak ijo memiliki keunggulan serta ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki burung kicau lainnya, baik dari segi postur fisik, warna, maupun suara.

Dari berbagai pendapat dari penangkar cucak ijo, salah satu jenis cucak ijo yang dianggap pandai dalam berkicau adalah cucak ijo mini, meski ukuran tubuhnya tak sebesar cucak ijo Banyuwangi maupun cucak ijo Kalimantan. Memang sebagian kicau mania berpengalaman memelihara cucak ijo mini, dan nyatanya memang cucak ijo mini terbilang rajin gacor, namun yang perlu digaris bawahi adalah bahwasannya sang pemilik juga memberikan perawatan dengan sebaik mungkin untuk cucak ijo tersebut.

cucak ijo mini

Cucak ijo mini sesuai dengan adanya embel-embel "mini" memang posturnya mungil, tetapi untuk warnanya terlihat sangat indah yakni berwarna hijau daun. Biasanya cucak ijo mini memiliki variasi lagu yang cukup mumpuni, apalagi ditambah dengan pelatihan atau masteran cucak ijo yang tentunya akan membuat cucak ijo semakin handal dalam bernyanyi dengan banyak kombinasi lagu yang dimiliki.

Perlu anda ketahui bahwa penyebaran cucak ijo mini bisa dibilang masih terbatas, dan di Asia Tenggara sendiri, khsususnya di Indonesia paling banyak ditemukan di wilayah Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Adapun beberapa ciri cucak ijo mini yang dapat kami bagikan untuk anda adalah sebagai berikut:
  • Ukuran tubuhnya jelas mungil, sekitar 17 cm atau di bawah 18 cm.
  • Warna hijaunya matang atau agak gelap sedikit, yang mana jika dilihat sekilas agak mirip dengan cucak ijo Kalimantan.
  • Bagian wajah tidak ada warna biru, baik biru biasa ataupun biru mengkilap.
  • Suaranya merdu dan nyaring.
  • Volume suaranya tidak konsisten, terkadang keras, terkadang juga pelan.
Mungkin itulah beberapa ciri cucak ijo mini yang umumnya diketahui oleh kicau mania, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan atau informasi buat sobat yang sebelumnya belum mengetahuinya.