Inilah Ciri-Ciri Burung Cucak Ijo Banyuwangi Yang Benar

Advertisement
Advertisement
Bagi sobat penghobi burung cucak ijo, ataupun bagi sobat kicau mania pada umumnya mingkin merasa kesulitan dalam membedakan jenis cucak ijo yang beragam dan tersebar luas di negeri ini. Khususnya ciri yang melekat pada cucak ijo Banyuwangi, karena banyak yang menganggap bahwa cucak ijo banyuwangi benar-benar istimewa, baik dari segi postur, warna, maupun kicauannya yang sangat indah.

Terutama membedakan cucak ijo Banyuwangi dengan cucak ijo yang berasal dari luar pulau Jawa seperi: cucak ijo Kalimantan, cucak ijo Sumatra, cucak ijo Bali, dan lain sebagainya. Menurut penangkar cucak ijo, bahwasannya cucak ijo Banyuwangi postur tubuhnya lebih besar dari jenis cucak ijo lainnya (baca: jenis cucak ijo), dan cucak ijo Banyuwangi pada dasarnya memiliki mental yang kuat atau mental petarung, selain itu juga suaranya lebih merdu dan lantang (download: suara cucak ijo).

cucak ijo banyuwangi

Memang pada umumnya jenis cucak ijo yang berasal dari Banyuwangi memiliki postur tubuh yang besar, tetapi tak sedikit pula cucak ijo dari Kalimantan maupun Sumatra yang cucak ijo juga posturnya besar. Hal ini mungkin membuat sobat semakin bingung dan ingin tahu lebih dalam mengenai burung cucak ijo Banyuwangi.

Terkadang cucak ijo yang berasal dari luar Banyuwangi juga memiliki suara yang istimewa, dan ini bisa jadi karena memang dari karakter dasar cucak ijo itu sendiri, selain itu juga pemberian perawatan terbaik untuk cucak ijo juga berpengaruh besar terhadap kualitas cucak ijo (baca: ciri cucak ijo yang bagus). Perlu anda ketahui pula, bahwasannya cucak ijo yang kualitasnya bagus tentu harganya sangat mahal, dan untuk harga cucak ijo sendiri pada umunya sekitar ratusan ribu hingga jutaan (lihat: harga cucak ijo).

Lalu, bagaimanakah sebenarnya ciri-ciri burung cucak ijo Banyuwangi yang akurat? silahkan simak informasi selengkapnya seputar ciri cucak ijo yang berasal dari Banyuwangi berikut ini:
  1. Postur tubuhnya besar, panjang, dan lebih melengkung.
  2. Tetapi tidak semuanya posturnya besar, ada juga yang agak kecil, yang pasti adalah posturnya lebih panjang.
  3. Ketika cucak ijo Banyuwangi lagi ngetrok, maka bulu jambulnya menjadi tegak, njegrik, dan jabrik.
  4. Warna hijau nampak lebih tegas dan jelas, tidak terlalu terang mencolok ataupun kekuning-kuningan
  5. Ekornya melengkung dan lebih panjang.
  6. Biasanya kicauan cucak ijo Banyuwangi di luar kontes/lomba kurang tajam dan kurang bervariasi, tetapi secara keseluruhan memang bagus dan merdu.
  7. Cucak ijo Banyuwangi yang usianya sudah tua, maka sisik pada kakinya terlihat lebih besar dan lebar.
Bagi sobat penggemar cucak ijo, maka yang terpenting adalah memberikan perawatan yang baik secara rutin setiap hari (baca: cara merawat cucak ijo).

Demikian ulasan yang dapat kami publikasikan kepada sobat kicau mania kali ini, semoga dengan adanya informasi ini bisa menjadikan anda tahu lebih detail seutar burung cucak ijo Banyuwangi.