Rahasia Membuat Burung Cendet Juara

Advertisement
Advertisement
Selamat malam sobat kicau mania, kembali kami akan melanjutklan pembahasan seputar burung cendet. Jika sebelumnya sudah kami share artikel tentang suara cendet, maka kali ini akan kami share sedikit informasi tentang rahasia agar cendet jura. Kita tahu bahwa burung cendet memiliki ciri khas yang berbeda dari burung kicau lain. Salah satunya ialah suara cendet cukup keras dan lantang, meskipun cendet postur tubuhnya tidak begitu besar.

Bagi penggemar burung cendet, maka perawatan terbaik harus selalu dilakukan secara rutin setiap hari. Hal ini demi kebaikan cendet itu sendiri, agar selalu sehat dan bisa tampil bagus saat dilombakan. Banyak perlombaan burung kicau yang mengikutsertakan cendet dalam kategori tertentu, hal ini tentu menjadi pemicu bagi pecinta cendet untuk membuat cendet bisa lebih baik kualitasnya, sehingga ketika diadu, bisa tampil prima dan bahkan bisa juara.

cendet juara

Berdasarkan pengalaman para penangkar cendet, biasanya melakukan perawatan tertentu agar cendet bisa tampil mnaksimal dan menjadi juara lomba. Sudah cukup banyak yang menerapkan trik perawatan khusus sebelum cendet dilombakan. Ini merupakan hal yang cukup penting, karena perawatan sebelum lomba memang kebanyakan dilakukan oleh para peserta untuk cendet kesayangannya agar tampil lebih bagus.

Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui tips dan rahasia merawat cendet agar juara, maka silahkan simak informasinya berikut:
  1. Setiap jam 7 pagi, bukalah kerondongnya serta berikan 2 biji jangkrik, lalu cendet diangin-anginkan.
  2. Pada jam setengah 8 sampai jam setengah 10 lakukan penjemuran pada burung cendet.
  3. Jika selesai dijemur, maka selanjutnya kembali diangin-anginkan, hal ini dilakukan dengan maksud agar panas tubuhnya sehabis dijemur bisa segera normal. Setelah itu taruhlah di bawah pepohonan yang rindang atau teduh, kemudian berikan 2 ekor ulat hongkong dan beri vitamin OrBird.
  4. Jam setengah 11 silahkan kerondongi lagi, dan diistirahatkan.
  5. Jam 8 sampai jam 9 malam, mandikan cendet dengan cara disemprot, kemudian berikan 5 ekor ulat hongkong, dan selanjutnya angin-anginkan selama kurang lebih 10 menit, lalu dikerondongi kembali.
  6. Sehari sebelum perlombaan, hentikan pemandian dan penjemuran pada cendet, dan berikan ulat hongkong dan jangkrik pagi dan sore yang masing-masing 4 ekor.
  7. Ketika sudah sampai di lapangan lomba, buka kerondong, hal ini dilakukan agar cendet dapat beradaptasi dengan kondisi sekitar.
  8. Persiapan sebelum lomba dimulai, berikan ulat hongkong 5 ekor.
Di atas merupakan tips untuk menjadikan burung cendet menjadi juara lomba, semoga apa yang kami jelaskan di atas dapat bermanfaat bagi anda. Semoga cendet kesayangan anda menjadi juara sesuai yang anda harapkan.