Cara Membuat Cendet / Pentet Agar Cepat Gacor

Advertisement
Advertisement
Perlu sobat ketahui, bahwa burung cendet termasuk jenis burung kicau yang peminatnya juga sangat banyak, sejak dahulu kala penggemar cendet sangatlah banyak. Cendet memiliki keunggulan pada suaranya yang lantang serta enak didengarkan, selain itu juga cendet mampu menirukan suara burung kicau lainnya. Apalagi bila dilatih dengan suara master, maka cendet akan menjadi burung kicau yang istimewa.

Meski tampilan fisik ataupun posturnya bisa dibilang biasa, tetapi karakter suara cendet yang khas, menjadikannya nampak lebih mempesona. Jadi, wajar bila penggemar burung cendet tak kalah banyak dari penggemar burung kicau yang lain. Untuk kali ini kami akan berikan tips dan cara ampuh agar cendet bisa lebih gacor.

cendet gacor

Bila anda ingin memiliki cendet yang bagus, maka tentu yang harus dilakukan adalah memberikan perawatan yang bagus pula. Salah satu keuntungan adalah burung cendet bakalan yang bagus akan sangat potensial kedepannya menjadi cendet yang rajin gacor dan berkualitas. Adapun perawatan yang bagus meliputi: pemberian pakan yang bagus, pembersihan kandang secara teratur, pemandian dan penjemuran cendet secara rutin, dan pemasteran dengan suara yang berkualitas. Bila hal-hal ini dilakukan secara konsisten dengan penuh kesabaran, maka bukan hal yang mustahil bila anda akan memiliki cendet juara yang tentunya sangat istimewa.

Bakalan cendet yang bagus dapat memudahkan cendet untuk dijadikan sebagai cendet jawara yang memiliki mental yang kuat, berkarakter, dan suara yang berkualitas. Lalu, bagaimana cara menjadikan cendet agar cepat gacor?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kami berikan kepada anda untuk membuat cendet menjadi cepat gacor:

1. Kelamin Jantan
Cendet jantan tentu menjadi syarat utama agar bisa cepat gacor, dan pada umumnya cendet jantanlah yang pandai dalam berkicau. Sehingga dalam ajang perlombaan burung kicau, cendet jantan menjadi pilihan yang dilombakan.

2. Mengganti Pakan
Setiap dua hari sekali, anda harus mengganti pakan voer yang baru, bila ini dilakukan secara rutin dan konsisten, tentu akan menjadikan cendet tubuhnya lebih sehat dan berkembang, sehingga semangat untuk gacor lebih kuat.

3.Memberikan EF
Pemberian Extra Fooding juga cukup berpengaruh dalam menunjang perkembangan cendet menjadi lebih baik. Dengan begitu, maka pakan cendet akan lebih bervariasi dan tidak membosankan, sehingga cendet merasa lebih senang, selain itu juga tentunya kebutuhan nutrisi cendet lebih terpenuhi. Adapun pilihan EF yang bisa diberikan, diantaranya adalah: kroto, ulat bambu, ulat hongkong, jangkrik, dan lain sebagainya. Memberikan vitamin untuk menambah kebutuhan nutrisinya juga sangat penting, berikan vitamin alami OrBird.

4. Membersihkan Sangkar
Kebersihan kandang harus selalu diperhatikan, jangan sampai membiarkan sangkar terlihat kotor, karena hal ini akan membuat cendet merasa kurang nyaman dan bisa juga sampai stres, bahkan bisa menimbulkan penyakit. Apabila kondisi dalam sangkar bersih, maka tentu cendet akan merasa senang dan merasa nyaman.

5. Memandikan dan Menjemur
Memandikan dan menjemur cendet harus dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore, ketika pagi hari sebelum dimandikan, sebaiknya angin-anginkan terlebih dahulu sekitar 15-30 menit.  Habis dijemur, sebaiknya letakkan di dibawha pohon yang rindang sekitar 30 menit, kemudian kembali masukkan ke rumah atau teras dan dikerondong.

6. Memaster
Memaster cendet manfaatnya cukup besar, selain agar memicu cendet untuk lebih gacor, juga dapat melatih mental cendet. Selain itu juga cendet dapat menirukan suara burung kicau master yang didengarkannya. Pemasteran  bagus juga bila dilakukan mulai dari jam 11 siang hingga jam 3 sore, bisa anda sesuaikan sendiri sesuai karakter burung.

7. Peka Terhadap Kondisi Lingkungan Sekitar
Anda harus meletakkan cendet di tempat yang kondisinya tenang, karena cendet akan merasa terganggu bila berada di lingkungan yang ramai, banyak lalu lalang kendaraan, banyak anak bermain, banyak orang lewat. Apalagi banyak binatang predator seperti kucing, maka hal ini berpengaruh terhadap mental cendet yang tentunya akan selalu was-was dan waspada.

Mungkin cukup itu saja beberapa poin penting untuk menjadikan burung cendet menjadi lebih berkualitas, yaitu cendet gacor lebih rajin dan memiliki suara yang bagus dan beragam. Tips yang kami share di atas semoga dapat berguna bagi sobat kicau mania yang ingin memiliki cendet yang performanya bagus.

Jangan lupa juga untuk melihat bacaan sebelumnya yang membahas seputar manfaat daun binahong untuk kenari. Bagi anda yang mungkin juga memelihara kenai, maka artikel tersebut bisa juga berguna bagi anda.