Cara Merawat Burung Cucak Ijo Dengan Perawatan Yang Baik

Advertisement
Advertisement
Bagi para pecinta burung cucak ijo, memelihara cucak ijo adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, karena burung itu menjadi sangat digemari. Bila memang dari dasar adalah karena hobi, maka memberikan perawatan terbaik untuk cucak ijo bukanlah sebuah kegiatan yang berat dan susah. Cukup dengan hati yang senang telah memberikan segala hal yang dibutuhkan oleh cucak ijo kesayangan, apalagi cucak ijo yang dirawat selama ini mampu gacor dengan sangat baik.

Cucak ijo termasuk jenis burung kicau yang indah, karena tampilan warna tubuhnya yang sebagian besar berwarna hijau tentu terlihat lebih segar dimata. Tidak hanya itu, cucak ijo menjadi burung kicau istimewa karena kicauannya yang sangat merdu dan nyaring bila didengarkan, selain itu juga suara cucak ijo patut untuk dijadikan bahan memaster burung kicau.

cucak ijo juara

Burung cucak ijo sebenarnya ada cukup banyak jenisnya, mulai dari cucak ijo Bali, cucak ijo Jatim, cucak ijo Kalimantan, cucak ijo Sumatra, dan lain-lain (lihat selengkapnya: jenis cucak ijo). Adapun harga masaing-masing cucak ijo pun berbeda, dikisaran ratusan ribu rupiah, hanya saja untuk cucak ijo tertentu yang berkualitaslah yang harganya bisa dihargai sangat mahal (lihat: harga cucak ijo).

Bagi sobat penghobi burung kicau cucak ijo, tentunya menginginkan agar cucak ijo menjadi lebih baik dan berkualitas. Sebelumnya sudah kami bahas tentang ciri cucak ijo yang bagus, dan tentu untuk menjadikan cucak ijo berkualitas adalah tentu dengan memberikan perawatan yang baik dan berkualitas pula.

Adapun cara merawat cucak ijo yang baik dan simpel bisa anda simak informasinya berikut ini:
  1. Memilih jenis cucak ijo yang akan dipelihara adalah opsi yang pertama untuk bisa diterapkan, dan pada umumnya cucak ijo jantanlah yang memiliki suara yang bagus, kalau bisa dapatkan sepasang cucak ijo indukan.
  2. Pemandian harus dilakukan secara rutin setiap hari, baik dengan cara disemprot maupun menyediakan wadah yang berisi air untuk mandi. Sebaiknya lakukan kegiatan memandikan cucak ijo setiap jam 7 pagi hari. Pelu juga menyesuaikan kondisi cuaca, bila terlalu panas suhunya, maka boleh dimandikan, begitu juga ketika musim hujan tiba, maka mandi bisa dilakukan jarang-jarang,
  3. Setelah dimandikan, langkah selanjutnya adalah menjemur cucak ijo sekitar 1 jam, dan ini juga disesuaikan dengan kondisi, bila terik matahari sudah cukup panas, maka penjemeruan bisa dihentikan.
  4. Memberikan pakan harian yang berkualitas menjadi hal yang penting dan mendasar dalam merawat cucak ijo, sebaiknya pakan yang diberikan berupa voer, dan sebaiknya pula berikan pakan tambahan seperti serangga maupun buah-buahan, selain itu juga suplemen vitamin terkadang perlu diberikan untuk meningkatkan performa cucak ijo agar lebih sehat dan bisa tampil prima. Berikan vitamin OrBird.
  5. Untuk menjadikan cucak ijo memiliki kombinasi suara yang beragam, maka masteran merupakan kegiatan yang tepat, yakni dengan mendengarkan audio suara burung kicau master yang berkualitas, agar cucak ijo kesayangan anda dapat berkicau dengan suara yang sangat bagus.
  6. Letakkan cucak ijo pada lingkungan yang sepi dan nyaman, atau terhindar dari gangguan, baik gangguan dari binatang predator maupun dari keramaian manusia maupun kendaraan.
Demikianlah sedikit informasi seputar perawatan terbaik untuk burung cucak ijo, semoga sharing kali ini dapat bermanfaat bagi sobat penghobi cucak ijo, terutama bagi pemula.