Manfaat Biji Sawi Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Pada dasarnya memang burung kenari adalah burung kicau pemakan biji-bijian, di alam aslinya kenari sangat gemar memakan biji-bijian sebagai makanan favoritnya. Selain biji-bijian, sayur-sayuran juga sangat bagus bagi kesehatan kenari, kandungan vitamin dan mineral sangat tinggi yang terdapat dalam sayur-sayuran.

Sawi merupakan tanaman jenis sayuran yang tidak hanya bisa dimakan daunnya saja, tetapi biji-bijinya pun bisa dimakan oleh burung kenari khususnya. Pernah juga kami membahas tentang sawi putih untuk kenari, dan untuk kali ini yang kami bahas adalah biji sawi.

biji sawi untuk kenari

Biji sawi dengan nama lain brassica napus ini mulai dikenal di negara inggis sekitar abad ke-14. Biji sawi ditanam dengan tujuan agar menghasilkan sayuran yang akan dikonsumsi manusia. Kandungan minyak nabati dalam biji sawi juga cukup besar, selain itu kandungan proteinnya juga banyak. Di negara-negara maju di dunia sudah banyak yang mengolah biji sawi ini menjadi bio diesel.

Banyak pula yang berpendapat bahwa kandungan omega nya sangat bermanfaat untuk menurunkan kolestrol. Selain banyak dikonsumsi oleh manusia, biji sawi menjadi pakan pokok untuk burung kenari, dan penangkar kenari sering memberikannya pada kenari kesayangannya.

Biji sawi termasuk bijian yang tidak terlalu keras, jadi bagus juga untuk anakan kenari yang baru keluar dari sarangnya. Biji sawi untuk kenari, baik dikonsumsi secara rutin dan bermanfaat dalam meningkatkan performa kenari lebih prima, kuntuk menarena kandungan protein dan karbohidratnya cukup tinggi. Selain itu, biji sawi juga bagus dalam mencegah timbulnya penyakit kolestrol pada kenari, atau meminimalisir kenari menjadi kegemukan.

Sebelumnya sempat kami bahas seputar pakan biji-bijian lainnya yaitu manfaat biji niger untuk kenari, coba anda baca juga sebagai referensi tambahan dalam menentukan pakan yang tepat untuk kenari kesayangan. Sebaiknya berikan selingan berupa pakan EF atau pakan tambahan lain, baik dari sayuran maupun buah-buahan, seperti: apel, jagung muda, cabai merah, daun pace, dan masih banyak yang lainnya.

Cukup sekian dulu penjelasan kali ini mengenai manfaat biji sawi bagi kesehatan burung kenari, semoga kenari kesayangan anda tetap sehat, lincah, dan rajin gacor (baca juga: suara kenari). Tentunya perawatan terbaik harus selalu diberikan untuk membuat kenari lebih baik lagi.