Manfaat Biji Niger Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Untuk membuat burung kenari tetap sehat, tentu perawatan terbaik harus diberikan, karena bila kenari hanya sekedar diberi pakan, dan pakannya pun itu-itu saja, maka akan membuatnya biasa-biasa saja. Biasanya penangkar kenari yang ingin kenarinya rajin gacor, maka pemberian pakan yang tepat serta perawatan harian secara teratur seperti: memandikan, menjemur, dll harus dilakukan.

Tidak hanya itu, hal yang sulit adalah menjaga agar kenari yang rajin gacor itu terus tampil prima, tidak terkesan mut-mut an. Beberapa pakan yang bagus untuk diberikan pada burung kenari adalah biji-bijian dan sayur-sayuran, karena kandungan gizi yang terkandung sangatlah bagus dan berguna bagi keseharan kenari.

biji niger

Biji-bijian sejak dahulu kala memang menjadi pakan dasar bagi burung kenari, dan tentunya sang kenari sangat menyukainya. Salah satu pakan dari jenis biji-bijian yang bisa anda berikan untuk kenari adalah biji niger. Zat gizi yang terkandung dalam biji niger sangat tinggi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, dan lain-lain.

Biji niger bisa menjadi pakan yang bisa membuat kenari lebih bertenaga, dan bisa juga membuatnya senang gacor. Apalagi buat burung kenari yang kekurangan asupan pakan yang bergizi, maka tentu biji niger dapat memenuhi kekurangan tersebut.

Berikut beberapa prosentase zat gizi yang terdapat dalam biji niger:
  • Karbohidrat 15,3%
  • Protein 17,5%
  • Lemak 32,7%
  • Mineral 7,0%
  • Air 8,4%
Setelah melihat prosentase kandungan dari biji niger di atas, maka dapat disimpulkan bahwa zat gizi di atas sebagian besar bermanfaat untuk membuat burung kenari lebih garang dan sehat. Tidak hanya itu, biji niger juga dapat berguna sebagai penghangat tubuh, dikala kondisi cuaca yang ekstrim dengan suhu yang dingin. Banyak penangkar kenari yang memberikan biji niger pada kenari kesayangannya ketika musim hujan tiba.

Selain itu, biji niger yang berwarna hitam ini meskipun terlihat keras, tapi ternyata rapuh dan mudah patah, sehingga cocok juga diberikan untuk anakan kenari. Sistem pencernaan lebih mudah memprosesnya dan tidak menjadi masalah.

Sekian kami akhiri pembahasan mengenai biji niger pada kesempatan ini, semoga apa yang kami informasikan kepada sobat kenari mania, bisa berbuah manfaat. Kami juga menyarankan artikel yang telah kami tulis sebelumnya mengenai "suara kenari" untuk anda dapatkan audionya.