Manfaat Biji Lobak Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Bagi sobat yang sangat menggandrungi kenari sebagai burung kicauan favoritnya, maka bukan hal yang susah dalam segi perawatannya, karena jika melihat biaya pakannya yang terbilang murah atau terjangkau, selain itu juga mudah didapatkan di pasar terdekat.

Bagi sobat yang memelihara kenari berawal dari hati alias hobi, maka proses perawatannya bisa dilalui dengan mudah, berbeda bila merawat kenari hanya karena uang, uang, dan uang, maka suatu saat entah itu bentar atau lama pasti akan terasa membosankan, meskipun hasilnya cukup banyak dari bisnis kenari.

biji lobak untuk kenari

Mungkin sobat termasuk penghobi kenari pemula, maka sebelum memulai, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu seputar kenari yang akan dipilih beserta dengan perawatan hariannya. Kami juga pernah menulis tentang cara ternak kenari bagi pemula, mungkin tulisan tersebut bisa berguna bagi sobat yang akan memulai beternak kenari.

Salah satu hal terpenting dalam merawat burung kenari adalah keterdiaan pakannya harus terpenuhi, terutama pakan yang baik yang mengandung gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan kenari. Biji-bijian merupakan pakan pilihan yang menjadi menu utama dalam memberikan pakan untuk kenari.  Ada banyak jenis biji-bijian yang bagus, mulai dari biji sawi, biji niger, biji haver, dan lain sebagainya.

Biji lobak untuk kenari juga bisa menjadi salah satu alternatif pakan biji-bijian yang bagus, karena terkandung zat tertentu yang bagus bagi kesehatan kenari. Biji lobak memiliki ciri-ciri yaitu bulirannya kecil dan berwarna coklat muda.

Di luar negeri, khususnya di negara China, banyak penangkar kenari di sana yang memberikan pakan berupa biji lomak. Biji lobak mengandung protein, kalsium, seng, dan lain-lain yang bagus untuk menambah energi atau stamina pada kenari, bagus juga untuk perkembangan kenari anakan, selain itu juga membantu memperkuat tulang. Jadi, biji lobak juga sangat cocok diberikan pada anakan kenari, atau indukan kenari untuk meloloh anakannya.

Umbi lobak bisa dimakan mentah ataupun dimasak bagi manusia, sedangkan biji lobak bisa diberikan pada burung kenari kesayangan. Bila tidak memiliki biji lobak, maka bisa dnegan memberikan pakan lainnya, baik biji-bijian, sayur-sayuran, maupun buah-buahan. Penambahan multivitamin juga penting dalam menambah kebutuhan gizi bagi kenari.

Demikianlah sekilas pemberitahuan seputar pakan kenari berupa biji lobak, semoga informasi yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi anda (baca juga: suara kenari).