Manfaat Ulat Hongkong Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Memberikan pakan tambahan berupa ulat hongkong untuk burung kenari menuai pro dan kontra dari kenari mania, terutama kenari mania luar negeri. Tetapi, tak sedikit pula para penangkar berpengalaman yang memberikan ulat hongkong sebagai pakan tambahan dengan menepis pendapat yang meragukan bahwa ulat hongkong kurang bagus untuk kenari.

Memang jika melihat kandungan giizi ulat hongkong sangat tinggi, terutama kandungan proteinnya. Banyak yang takut bila kenari kesayangannya terkena penyakit kolestrol bila makan ulat hongkong, padahal memberikannya tidak secara terus-menerus, cukup sebagai akan tambahan atau selingan untuk menambah nutrisi bagi kenari.

ulat hongkong

Bahkan ada juga yang sampai berpendapat dengan tidak akan memberikan pakan apapun berupa makhlup hidup. Bagi penangkar kenari berpengalaman, maka mereka berpendapat bahwa memberikan ulat hongkong pada burung kenari yang berimbas pada perkembangan dan prilaku kenari itu sendiri, terutama bagi indukan yang telaten merawat anakannya, menambah produktifitas, serta menambah hasrat untuk kawin.

Kandungan protein yang terlalu tinggi pada ulat hongkong sebenarnya bisa juga diakali dengan cara sebagai berikut:
  1. Sediakan sebilah pisau.
  2. Siapkan pula beberapa siung kunyit.
  3. Kalau bisa, pilihlah ulat hongkong yang kulitnya tipis atau baru ganti kulit.
Caranya cukup campurkan irisan kunyit tersebut dengan ulat hongkong, hal ini dilakukan karena kunyit mengandung zat antioksidan yang berfungsi untuk menurunkan kandungan kolestrol ulat hongkong tersebut.

Yang terpenting dalam memberikan ulat hongkong pada burung kenari harus secukupnya, dan tidak secara terus-menerus. Yang tidak bagus adalah memberikan ulat hongkong secara berlebihan, bila sudah berlebihan, inilah yang berbahaya bagi kenari.

Demikianlah pembahasan mengenai ulat hongkong untuk kenari, semoga apa yang kami jelaskan di atas dapat menambah informasi bagi anda.

Tak lupa juga kami menyarankan buat anda untuk membaca artikel yang sudah kami update sebelumnya tentang manfaat daun krokot untuk kenari. Serta kunjungi artikel yang membahas tentang "suara kenari".