Solusi Telur Burung Kenari Yang Berlebih (Telurnya Banyak)

Advertisement
Advertisement
Siapa sih yang tidak suka kalau burung kenari yang diternak akhirnya bertelur juga, apalagi bagi peternak kenari pemula, tentu menjadi pengalaman berharga yang sangat menggembirakan. Karena banyak juga permasalahan yang terjadi yang menyebabkan telur kenari gagal menetas, bahkan salah satunya yaitu indukan kenari memakan telurnya sendiri. Selain itu, usaha-usaha sudah dilakukan dengan tujuan agar kenari cepat bertelur, tetapi hasilnya nihil. Maka dari itu, bagi kami bilang ini sangat berharga  buat penangkar kenari yang mendapati kenari yang dirawatnya selama ini akhirnya bertelur juga.

Tetapi, sebangai penangkar kenari juga harus tahu bahwa kenari yang bertelur banyak yakni lebih dari 3 butir, maka akan menyusahkan sang indukan itu sendiri. Bagaimana tidak, ketika indukan kenari memiliki 5-6 telur sekaligus, maka yang terjadi biasanya adalah kenari indukan akan kerepotan, baik pada saat mengerami maupun saat telur sudah menetas dan indukan harus meloloh anakan sebanyak itu. Mungkin bila sobat penghobi kenari ikutan membantu meloloh anakannya setiap hari akan meringankan beban indukan, tetapi jika tidak, maka tentu sang indukan bebannya akan lebih berat.

kenari mengerami

Maka dari itu, agar lebih meringankan beban sang induk kenari, maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengambil telur-telur yang tidak isi alias kosong setelah melewati masa pengeraman sekitar 8 hari., dan hanya telur yang berisi saja yang dibiarkan untuk dierami. Bagaimana cara mengetahui kalau telur itu berisi atau kosong? silahkan baca artikel tentang cara mengetahui telur kenari isi atau kosong.

Nah yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah bila telur sudah disorot tetapi hasilnya isi semua, maka apa yang harus dilakukan? apakah terpaksa harus dieramkan semua?

Solusinya ialah biarkan 2-3 butir telur dierami indukan itu, nah untuk sisanya bisa diambil dan dititipkan pada kenari indukan betina lainnya yang bertelur 1-2 butir. Jadi, setiap indukan kenari mengerami 3-4 butir telur saja.

Mungkin cukup sekian dulu solusi yang dapat kami berikan untuk sobat penghobi burung kenari, semoga sobat semua bisa beternak kenari dengan hasil yang memuaskan (baca juga: suara kenari).