Burung Murai Batu Medan Super Ekor Panjang

Advertisement
Advertisement
Burung murai batu termasuk jenis burung yang sangat populer sekarang ini, dan sangat digemari oleh kicau mania. Penyebarannya paling banyak di Asia, mulai dari India, Singapura, Thailand, dan Malaysia. Di Indonesia sendiri murai batu masuk kalangan burung teratas dengan fans terbanyak, selain kenari dan lovebird. Murai batu patut menjadi burung koleksi paling favorit, mengingat burung ini memiliki banyak kelebihan yang tentunya diunggulkan.

Murai batu medan merupakan salah satu jenis murai batu yang paling populer, dan ciri khas umum dari murai medan adalah memiliki ekor yang panjang melebihi panjang tubuhnya. Selain itu, badannya yang terlihat lebih tegap dan nampak berwibawa dibanding murai batu jenis lain. Hal inilah yang menjadikan burung murai batu medan terlihat sangat elegan dan istimewa, dan masih banyak ciri khas lain yang akan kami share kali ini.

murai batu medan

Murai batu medan jika dilihat dari samping, nampak sangar / macho, jelas bahwa burung ini dianggap banyak orang sebagai burung petarung yang unik. Cukup beruntung bagi sobat kicau mania yang memiliki burung satu ini, karena memang pantas dijadikan sebagai burung peliharaan yang favorit di rumah. Syukur-syukur sobat bisa menangkar dan mengembangkannya hingga menghasilkan keturunan yang berkualitas.

Di Indonesia ada berbagai macam jenis murai batu, jenis yang beragam ini juga berdampak positif bagi kicau mania yang semakin menggemarinya, karena bisa juga dijadikan sebagai koleksi untuk setiap jenis yang dimiliki. Selain murai batu medan, jenis lain yang tak kalah populer adalah murai batu nias, aceh, borneo, dan lampung (lihat: jenis murai batu). Masing-maisng jenis karakternya berbeda, serta harganya pun tentu berbeda (lihat: harga murai batu).

Murai batu medan tidak hanya memiliki kelebihan pada psoturnya, karena kombinasi warna bulunya yang serasi juga menjadi ciri khas yang nampak indah. Selain itu suaranya sangat memukau, dan banyak pula penangkar burung kicau yang menjadikan suara murai batu sebagai bahan mastering. Bagi sobat yang ingin mendapatkan suara murai batu, maka bisa langsung download melalui artikel tentang suara murai batu.

Nama murai batu sangat mudah dihafal, karena penyebutan namanya didasarkan pada daerah masing-masing. Murai batu medan adalah jenis murai batu yang berasal dari Medan, begitu juga dengan nama murai batu lainnya yang berasal dari wilayahnya masing-masing. Tetapi, perlu digarisbawahi di sini ialah, tak semua burung murai batu medan berasal dari medan, karena banyak juga daerah lain di Indonesia yang juga terdapat murai batu yang ciri-cirinya sama persis dengan murai batu medan. 

Ciri-ciri selengkapnya mengenai murai batu medan bisa anda simak berikut ini:
  1. Tubuh murai batu medan terkenal lebih besar dari murai batu lainnya. Bahkan banyak pula yang menyebut burung murai batu medan adalah murai yang atletis.
  2. Bulunya berwarna hitam pekat, tetapi bila terkena sinar matahari, maka akan terpancar kilau yang berwarna biru.
  3. Panjang ekornya sekitar 27 - 30 cm dan melengkung ke bawah.
  4. Burung ini disebut burung pemberani, karena memiliki mental yang bagus atau mental petarung.
  5. Umumnya, kaki berwarna merah, tapi ada juga yang berwarna hitam. Menurut penangkar murai batu, semakin tua umurnya, maka kakiknya semakin hitam,
  6. Terdapat 4 strip warna putih pada ekornya.
  7. Volume suaranya keras, dan lantang.
Lalu, mengapa ada disebut murai batu super? atau mengapa ada embel-embel super? Sebenarnya itu hanya sebuah istilah tambahan yang sering digunakan oleh para pedangan yang menyebutkan bahwa murai batu super adalah murai batu yang berpostur besar, bersuara keras, dan berpostur gagah. Jadi, super bisa diartikan sebagai istimewa atau berkualitas.

Itulah beberapa poin menegnai ciri-ciri burung murai batu yang dapat kami ulas kali ini, semoga dapat menambah informasi bagi sobat sekalian.