Manfaat Mentimun / Ketimun Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Pada dasarnya sayur-sayuran mengandung vitamin dan mineral yang tinggi dan bagus bagi kesehatan manusia. Tidak hanya bagi manusia saja,bagi burung kicau pun sayur bisa menjadi pakan favorit, terutama untuk burung kenari. Sauran yang disukai burung kenari diantaranya adalah wortel, sawi, jagung muda, dan masih banyak yang lainnya.

Mentimun adalah sayuran yang kandungan air nya cukup tinggi, ini sangat bagus untuk mendukung stamina burung kenari agar tetap fit. Mentimun sebenarnya masuk dalam golongan labu-labuan, seperti halnya: oyong. Mentimun sangat bermanfaat diberikan pada burung kenari ketika kondisi cuaca sangat panas, fungsinya utamanya tentu menyegarkan tubuh kenari. Mentimun juga dapat membersihkan tenggorokan kenari yang berlendir.

mentimun untuk kenari

Selain itu, sudah banyak pula kicau mania kenari yang memberikan mentimun sebagai jamu untuk menjadikan kenari bisa bernafas panjang. Tetapi, tetap harus diberikan perawatan harian seperti: memandikan kenari, dan menjemur kenari. Hal ini juga sangat penting stamina kenari agar fit, dan kenari mampu bernafas panjang.

Mentimun juga bermanfaat dalam membantu proses diet burung kenari yang kegemukan, karena mentimun dapat mengurangi lemak jahat dalam tubuhnya. Manfaat yang lain yaitu ternyata mentimun dapat membantu mengurangi over birahi kenari.  Adapun cara memberikan mentimun pada kenari yaitu cukup dengan memotong mentimun, lalu menggantungnya dalam kandang kenari dengan pengait.

Modern ini, mentimun sudah menjadi pakan favorit di sektor Asia, karena memang kenari sangat menyukai pakan jenis ini dan tentu karena sudah terbiasa. Pemberiannya pun dilakukan dengan cara diambil biji-bijinya terlebih dahulu, kemudian dijemur, dan selanjutnya bisa diberikan pada kenari.

Namun buat sobat penghobi burung kenari, tidak disarankan terlebih dahulu memberikan mentimun dalam jangka waktu yang terlalu sering, semisal 3 hari secara berturut-turut. Hal ini kurang bagus, dan sebaiknya pemberian pakan dilakukan secara bervariasi atau gantian dengan pakan EF yang lain.

Memilih pakan kenari memang penting dalam menunjang kualitas burung kenari itu sendiri, jadi anda harus tahu  pakan yang bagus untuk kenari serta kapan waktu pemberian yang tepat. Selain itu juga anda harus tahu betul karakter kenari anda, jadi pemberian pakan bisa menyesuaikan dengan kondisi. Apabila pemberian pakan sudah maksimal, maka hasilnya pun akan maksimal, yaitu kenari tampil prima, suaranya plong, dan rajin gacor. Bila kenari rajin gacor dan kualitas suaranya bagus, maka sudah dapat dipastikan harga kenari seperti ini sangatlah mahal (baca juga: suara kenari).

Demikian informasi kali ini tentang manfaat mentimun untuk kenari, semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua para penggemar burung kicau kenari.