Manfaat Cabai Merah Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Cabai adalah bahan makanan yang dikonsumsi oleh manusia sehari-hari, bahkan tidak hanya manusia yang doyan cabai, burung kicau pun mau memakan cabai. Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicau yang doyan makan cabai, nah vitamin yang terkandung dalam cabai ternyata cukup bagus buat kesehatan. Bahkan di jawa sendiri, jika seorang laki-laki tidak mau makan cabai maka perlu dipertanyakan kejantanannya, dan orang jawa bilang "lanang kok gak doyan pedes".

Cabai merah ternyata memiliki manfaat yang bagus bila diberikan pada burung kenari, karena terkandung vitamin c yang sangat tinggi. Bahkan menurut ilmuan, cabai kandungan vitamin c nya lebih tinggi dari pada buah jambu dan jambu. Dan sudah banyak orang yang menderita sariawan kemudian mengobatinya dengan makan cabai. Meskipun pedas, tapi efeknya cukup dahsyat bagi kesehatan.

kenari makan cabai

Sama seperti halnya dengan wortel, cabai merah mengandung karotein yang dapat mencerahkan warna burung kenari, terutama kenari merah. Kandungan senyawa capsaicin bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, sangat cocok digunakan pada kondisi yang dingin seperti saat ini. Pada dasarnya, di habitat asalnya, burung kenari sangat menyukai biji-bijian, termasuk juga cabai. Cabai juga mendukung daya tahan tubuh lebih kuat dari serangan bakteri, bahkan juga bagus sebagai pakan alternatif pada burung kenari yang kegemukan.

Pada umumnya cabai bermanfaat untuk menjadikan stamina burung kenari lebih fit, sehingga kenari bisa tampil prima (baca juga: suara kenari). Namun perlu anda perhatikan pula, bahwa jangan sampai memberikan cabai secara berlebihan, karena kurang bagus untuk perut, yang tentu bisa menyebabkan keringatan dan bahkan sampai mencret. Pemberian cabai kepada burung kenari sebaiknya, porsi yang diberikan scukupnya saja.

Mungkin dimikan informasi kali ini mengenai manfaat cabai merah untuk kenari, semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua. Pakan lain yang tak kalah bagusnya adalah buah apel, silahkan baca artikelnya: manfaat apel untuk kenari.