Manfaat Daun Tanaman Krokot Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Sebenarnya tak sedikit yang paham bahwa daun tanaman krokot ini bisa membawa manfaat untuk burung kenari. Kebanyakan orang menganggap bahwa krokot adalah tanaman biasa yang bisa tumbuh di mana saja. Bagi kicau mania khususnya kenari mania, tanaman krokot ini dianggap berguna dalam membuat suara kenari lebih bagus, jernih, dan berdurasi lama (baca: suara kenari). Hal inilah yang menjadikan daun tanaman krotok kini dicari oleh kenari mania untuk kenari kesayangannya.

Para petani memang menganggap ini  sebagai tanaman hama yang dapat mengganggu tanaman milik petani, jadi wajar bila banyak yang menganggap krokot sebagai tanaman yang biasa, dan mudah didapatkan. Berbeda halnya dengan mengkudu yang tidak hanya bermanfaat bagi burung kenari, juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia (baca: manfaat daun mengkudu untuk kenari).

daun krokot

Krokot termasuk jenis tanaman liar yang bisa hidup di mana saja, khususnya di daerah tropis, dan krokot juga disebut dengan istilah Portulaca oleracea. Di Indonesia, krokot disebut dengan nama yang berbeda-beda di setiap daerah, ada yang bilang tanaman gelang, gelang biasa, jalu-jalu teki. dan lain sebagainya.

Ada juga di daerah tertentu yang menjadikan tanaman krokot ini sebagai obat bagi manusia, khususnya sebagai obat kebugaran. Adapun untuk penjajiannya juga bisa berbagai cara, bisa direbus dahulu lalu diminum airnya, dan bisa juga sebagai lalapan untuk makan. Tanaman krokot ini memiliki ciri yaitu batangnya beruas dan berwarna merah agak kecoklatan, serta daunnya bulat berwarna hijau.

Daun tanaman krokot ini mengandung zat yang bermanfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin B Kompleks
  • Omega 3
Beberapa zat yang terkandung dalam krokot tersebut yang bisa menjadikan burung kenari lebih bugar dan fit, serta mampu berkicau dengan baik.

Pemberian daun krokot bisa dilakukan dengan cara mencucinya terlebih dahulu, kemudian taruh di dinding sangkar, biarkan kenari dengan sendirinya memakan daun-daun tersebut.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan kepada sobat kenari mania kali ini, semoga dapat menambah wawasan baru mengenai daun tanaman krokot untuk kenari.