Mengapa Burung Kenari Sering Turun Dari Tangkringan Saat Lomba

Advertisement
Advertisement
Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki karakter suara yang bagus (baca: suara kenari), selain itu juga memiliki karakter fisik yang mumpuni. Sehingga dari beragam jenis burung kenari yang masing-masing masuk dalam katagori yang berbeda, maka ini menjadi keunikan tersendiri untuk kelas burung kenari. Dalam ajang lomba burung kicau, burung kenari selalu ada kelasnya, dan ini yang menarik perhatian penggemar kenari untuk ikut berpartisipasi dalam ajang lomba tersebut.

Modern ini lomba burung kicau semakin ramai peminatnya, semua penggemar burung kicau berkumpul dan berlomba untuk menunjukkan kemampuan terbaik dari burung kicau yang dilombakan. Dalam perlombaan ada saja permasalahan yang dialami oleh kenari mania,apalagi ketika burung kenari sudah dalam proses lomba tapi tidak fokus dengan lombanya. Salah satu permasalahan yang sering kali dialamai oleh kenari mania adalah kenari sering kali turun ke tangkringan. Mengapa bisa terjadi demikian?

tangkringan kenari

Ada 2 kemungkinan yang bisa menjadi penyebab seringnya burung kenari turun dari tangkringan, yaitu sebagai berikut:

1. Tangkringan kotor
Tangkringan yang kotor yang mungkin awal mulanya disebabkan karena bekas/sisa pakan kenari dan kotoran kenari yang menempel, tetapi tidak pernah dibersihkan, sehingga menyebabkan tangkringan kenari kotor dan banyak bakteri. Hal inilah yang menjadikan kenari merasa gatal atau apa yang pasti membuatnya tidak nyaman menginjak tangkringan. Solusinya adalah membersihkan tangkringan kenari dengan cara mencucinya dan menjemurnya, setelah itu pasangkan kembali.

2. Tangkringan kebesaran atau kekecilan
Ini perlu anda lihat, apakah tangringan kenari teralu besar atau terlalu kecil. Sebaiknya tangkringan kenari harus sesuai dengan cengkraman kenari. Solusinya cukup mengganti atau mencetak ulang kenari agar lebih pas dan nyaman saat dinaiki kenari.

3. Kenari over birahi
Kenari yang birahi biasanya terlalu ngotot, sampai-sampai sering kali mnambrak/membenturkan tubuhnya ke jeruji dan lebih banyak turun dari tangkringan. Nah, ini bisa diatasi dengan cara memberikan apel dan timun (baca juga: cara mengatasi kenari over birahi). Lebih bagus lagi bila diberikan multivitamin tambahan, seperti: OrBird.

Itulah pengamatan dari para penangkar kenari pada umumnya, sebelumnya kami telah mengulas tentang manfaat mentimun untuk kenari, mungkin bisa bermanfaat bagi kenari kesayangan anda.