Cara Mengobati Burung Kenari Sesak Nafas

Advertisement
Advertisement
Sering kali para penggemar burng kenari mengeluh karena telah mendapati kenari kesayangannya sesak nafas. Pada umumnya burung kenari yang sakit sesak nafas ditandai dengan sering membuka paruh, suaranya parau dan hilang, terlihat seperti kedinginan, terlihat loyo dan kelimpungan, bulu-bulunya tidak rapi, dan juga kenari tidak mau makan dan minum. Jika ini terus dibiarkan maka sangat tidak bagus bagi kesehatannya, bahkan bila terlanjur parah bisa sampai menyebabkan kematian.

Karena jika burung kenari sudah tidak mau makan maka akan kekurangan nutrisi, sehingga menjadikan badannya lemas, jika dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kematian. Jika dirasa burung kenari sesak nafas, maka coba pastikan juga dengan melihat kondisi sekitar, apakah cuacanya ekstrim, hembusan anginnya kencang, kenari tidak dikorendok ketika malam, kenari berada di luar rumah ketika malam, letak kenari terlalu tinggi/ dekat dengan atap, dan lain sebagainya. Jika memang benar ada beberapa hal tersebut yang telah terjadi, maka bisa dipastikan kenari tersebut terkena asma, sehingga susah untuk bernafas.

kenari sesak nafas

Jika anda menemui kenari anda sesak nafas, maka anda harus segera menanganinya dengan beberapa langkah berikut:
  1. Pertama kandang kenari harus dikerondongi dengan tujuan lebih menghangatkan tubuh kenari dari udara bebas, bila perlu ditambahkan lampu dengan suhu 30 drajat.
  2. Siapkan wada yang disii dengan minyak angin, kemudian masukkan dalam sangkar, hal ini dilakukan dengan tujuan agar dihirup langsung oleh kenari, sehingga nafasnya menjadi lebih lega.
  3. Apabila gejala sesak nafas mulai hilang, maka langkah selanjutnya yaitu hisap lendir yang berada di mulut dan sekitar mulu, yang penting juga hisap lendir di libang hidung dengan menggunakan kapas. Setelah itu, beri tetesan madu dan oralit, ini akan menjadikan burung merasa lebih lega dan berenergi.
  4. Lebih bagus lagi bila diberikan obat dan vitamin yang efektif dalam membantu memulihkan kondisinya. Contoh obat yang bagus adalah: OrBird.
Demikian tips menangkani burung kenari yang sakit sesak nafas, semoga apa yang kami share ini bisa bermanfaat. Luangkan juga untuk mengunjungi artikel menarik lainnya yang membahas seputar "suara kenari".