Penyebab Burung Kenari Mati Mendadak

Advertisement
Advertisement
Ada juga penangkar burung kenari yang pernah mengalami hal yang aneh, yaitu kenari kesayangannya mati secara tiba-tiba dengan posisi tergeletak di dalam kandang. Hal ini tentu menjadi masalah bagi sang penangkar, karena kenari yang dirawat selama ini tiba-tiba kok mati. Nah, sebenarnya apa yang menjadi penyebab kenari bisa mati mendadak seperti ini?

Kenari mati mendadak bisa jadi salah satu penyebabnya adalah penyakit yang dideritanya,  bisa jadi karena bakteri, virus, parasit, dan lain-lain. Meksipun terlihat mendadak, tetapi sebelumnya sudah menderita penyakit yang tidak bisa dilihat tanda-tandanya. Ada beberapa penyakit yang bisa diketahui gejalanya, dan ada juga penyakit yang tidak dapat diketahui gejalanya.

kenari mati

Karena pada umumnya burung kenari termasuk jenis burung yang pandai dalam menyembunyikan kelemahannya, termasuk juga penyakit yang dideritanya. Ketika kenari masih berada di alam bebas, meski sedang menderita penyakit, tetap akan memperlihatkan kondisinya seakan-akan sehat, hal ini dilakukannya dengan tujuan agar terhidar dari serangan burung predator yang mengincar burung kecil yang lemah.

Penyakit yang sering kali diderita oleh kenari dan bisa menyebabkan kematian bila tidak segera diatasi adalah infeksi pernafasan. Biasanya penyakit seperti ini terjadi ketika pergantian musim atau yang disebut dengan pancaroba. Maka dari itu, agar kenari kesayangan anda tetap segar dan sehat, maka harus selalu berikan pakan yang berkualitas yang kaya nutrisi untuk menunjang kesehatan kenari.

Adapun beberapa nutrisi tambahan yang tepat untuk diberikan pada kenari, diantaranya ialah: OrBird. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan kandang kenari, karena kandang yang kotor juga bisa memicu timbulnya berbagai penyakit.

Sekian dulu artikel yang dapat kami share untuk anda pada kesempatan kali ini, kami menyarankan agar anda mengunjungi artikel sebelumnya, yakni seputar "suara kenari".