Penyebab Indukan Burung Kenari Makan Telurnya Sendiri

Advertisement
Advertisement
Mungkin ini sedikit aneh, ada burung kenari yang memakan telurnya sendiri. bagi sobat penghobi kenari yang berusaha untuk ternak kenari, tapi malah telor yang dihasilkan dimakan sendiri oleh indukan kenari. Hal inilah yang menjadikan sang pemilik merasa bingung mengenai penyebab kenari melakukan hal demikian.

Tak bisa dipungkiri bahwa beternak burung kenari selalu ada masalah, dan itu memang cobaan bagi para penangkar kenari. Meski mengalami banyak masalah, tetapi jika tetap semangat dan terus berusaha maka tetap akan menuai hasil yang maksimal nantinya.

kenari makan telur

Sebenarnya apa sih penyebab kenari makan telurnya sendiri? berikut ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab mengapa kenari memakan telurnya sendiri:

1. Indukan kenari masih belum berpengalaman atau pertama kali bertelur (tembean)
Tentu hal yang wajar bila indukan kenari baru pertama kali bertelur, dan menganggap telur itu adalah pakan untuknya, sehingga indukan tersebut memakannya.

2. Indukan kekurangan asinan
Asinan berfungsi untuk membantu memperlancar proses pencernaan, bisa jadi karena kenari kekurangan asinan, dan di kandang tidak tersedia asinan, maka kenari tersebut memakan telurnya.

3. Kekurangan pakan
Pakan harus selalu ada, jadi bila kenari kelaparan maka tentu bukan hal yang tidak mungkin untuk memakan telurnya sendiri.

4. Indukan merasa tidak nyaman
Rasa tidak nyaman tentu akan sangat mengganggu psikologi kenari, dan membuatnya banyak tingkah. Rasa tidak nyaman bisa dikarenakan kandang yang kotor, kondisi lingkungan yang ramai, terdapat binatang predator di dekatnya sehingga kenari merasa terancam, dan lain-lain yang membuatnya mematok telurnya sendiri.

5. Karakter dari kenari itu sendiri
Karakter memang susah dihilangkan, karena itu sifat dasarnya. Jadi, solusi yang tepat adalah mengganti indukan lainnya yang lebih baik.

Apabila sobat tidak mengetahui secara langsung bahwa kenari itu mematok telornya sendiri, maka bisa dicoba untuk mengeceknya dengan melihat kondisi sekitar, apakah ada binatang pengganggu seperti semut, cicak, dll yang dapat menyebabkan kenari lompat dan hasil dari lompatan itu menimbulkan guncangan yang membuat telur satu dengan yang lain berbenturan, atau mungkin juga kaki kenari mendarat mengenai telur sehingga telur menjadi pecah.

Demikian sedikit wacana seputar sebab kenari memakan telurnya, semoga bisa menjadi sebuah pencerahan bagi sobat yang mengalami masalah seperti ini, sehingga bisa lebih mudah untuk mengatasinya. Silahkan baca juga wacana sebelumnya seputar "suara kenari".