Burung Kenari Kepala Hitam Dari Afrika (Black Headed Canary)

Advertisement
Advertisement
Tahukah anda bahwa burung finch ada banyak sekali spesianya yang menyebar di seluruh dunia. Nah, serinus merupakan salah satu marga yang paling populer yang sangat beragam spesianya, termasuk salah satunya itu serinus canaria. setiap ada nama serinus di nama depan itu ada hubungannya dengan kenari juga. Misal saja kenari hitam atau black headed canary nah ini adalah serinus alario. Meskipun kenari kepala hitam ini masih terbilang sepi di pasaran, tetapi sebenranya sudah banyak pula yang berusaha untuk menangkar burung kenari ini.

Pada habitat aslinya, kenari ini hidup dengan megikuti polah hujan, setelah curah hujan, bergerak dari afrika selatan ke barat dengan tujuan mencari biji-bijian sebagai pakan favoritnya yang tentu masih segar. Kenari kepala hitam juga banyak yang berpindah ke dataran Nambia, di sana bisa ditemukan banyak sekali spesies kenari ini.

kenari kepala hitam

Bagi sobat yang mungkin penasaran mengenai karakteristik kenari kepala hitam, maka bisa anda simak berikut ini:
  1. Kenari hitam panjang tubuhnya sekitar 30cm.
  2. Penentuan kelamin kenari ini lebih mudah, cukup dengan melihat tanda dari warnanya, yaitu jantan warna hitam sangat tegas pada bagian kepala, leher, dan di atas dadanya. Sedangkan yang betina berwarna abu-abu.
  3. Bagian ekor warnanya kecoklatan, dan yang betina ekornya coklat kusam.
Pakan utama burung ini adalah biji-bijian, tetapi juga menyukai sayuran, buah, dan pakan EF lainnya seperti: ulat hongkong.

Demikian sedikit infirmasi dari kami tentang black headed canary, semoga dapat menambah wawasan bagi sobat pecinta burung kenari yang belum mengenal kenari jenis ini sebelumnya. Mungkin anda juga berminat untuk membaca artikel sebelumnya, maka silahkan baca artikelnya tentang "suara kenari"