Berapa Jumlah Ideal Piyik (Anakan) Kenari Dalam Satu Sarang?

Advertisement
Advertisement
Kadang kala ada yang bertanya mengenai jumlah piyik yang ideal dalam satu sarang itu berapa sih? Karena banyak pula penghobi kenari yang menemui kenari betina miliknya berhasil menetaskan 4 butir telur sekaligus. Memang sangat menyenangkan bila mendapati kenari yang selamai ini diharapkan agar segera menghasilkan anakan, dan akhirnya terwujud juga. Tetapi, yang mengganjal adalah apakah 4 piyek yang berhasil menetas itu ideal berkumpul jadi satu dalam sarang?

Melihat tak sedikit penghobi kenari yang menemui anakan kenarinya sempat tewas, yang disebabkan karena bertumpuk dan saling tindih. Sedangkan usianya yang masih baru, dan sangat rentan mati, jadi perlu adanya pengawasan dan pengecek an setiap saat. Bila sampai anakan/piyik kenari mati kaku, coba dicek bagia temboloknya, bila terdapat bintik kuning atau pakan hasil dari lolohan indukannya, maka bisa jadi piyik tersebut mati karena saling desak-desakan.

piyik kenari

Inilah penyebab piyik mengalami kematian:

1. Sarang yang kekecilan
Bila ukuran sarang terlalu kecil hanya berdiameter kurang lebih 5cm saja, sedangkan jumlah piyik kenari mencapai 4-5 ekor, maka tentu hal ini menjadikan piyik tersebut merasa sempit dan berdesak-desakan. Memang pada hari pertama hingga ke 5 masih belum begitu terasa, nah bila sudah menginjak hari ke 6 hingga ke 10, maka ukuran sarang sangatlah sempit, sedangkan fisik anakan sudah cukup membesar. Biasanya anakan yang mati karena kalah berdesakan dengan anakan lainnya yang ukuran fisiknya lebih besar. Solusi untuk mengurangi kematian adalah pada hari ke 5 hingga 10 coba diamati, bila memang terlihat saling berdesak-desakan, maka cobalah untuk melebarkan sarang dengan tangan anda sendiri secara perlahan, dengan begitu sarang akan lebih longgar, dan pyik merasa lebih leluasa dan lebih nyaman tentunya.

2. Jumlah piyik yang kebanyakan
Bila jumlah piyik dalam satu sarang jumlahnya di atas 4 ekor, maka bisa jadi itu adalah jumlah yang banyak. Sehingga bisa rentan mengalami kematian akbibat desak-desakan antar sesama piyik kenari, kebanyakan memang piyik yang menetas terakhir lah yang menjadi korban, karena ukuran tubuhnya yang paling kecil dan paling lemah. Solusi untuk mengatasi jumlah piyik yang kebanyakan juga bisa dengan cara memindahkan piyik yang paling kecil ke sarang lain yang terdapat indukan kenari beserta piyik yang jumlahnya hanya sekitar 1-2 ekor saja.

Dalam masa-masa ini, indukan kenari butuh asupan pakan yang lebih banyak untuk meloloh anakan/piyek nya. Jadi, anda harus rajin memeriksanya apakah pakan masih tersedia atau tinggal sedikit, yang pasti jangan sampai kehabisan pakan.

Sekian dulu informasi kali ini mengenai piyik yang berada dalam satu sarang, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa juga berikan obat alami untuk kenari, agar kenari tetap sehat dan tampil prima (baca: suara kenari).