Berbagai Macam Jenis Burung Kacer Lengkap Dengan Gambar

Advertisement
Advertisement
Jenis kacer yang paling populer di Indonesia akan kami sajikan kepada sobat kicaumania pada postingan kali ini. Burung kacer merupakan burung kicau maupun burung hias yang cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Pada dasarnya burung kacer adalah burung yang berasal dari alam liar, seperti hutan, padang rumput, daerah perkebunan ataupun persawahan dan lain sebagainya. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin banyak pemburu, dan kini burung kacer populasinya bisa dibilang cukup sulit untuk dicari.

gambar kacer

Tetapi hal yang menggembirakan adalah kini sudah banyak penangkar burung kacer yang berusaha untuk mengembangkan dan membudidayakannya hingga kacer terus eksis dan menjadi buruan kicau mania. Tak sedikit pula even perlombaan burung kicau yang menyertakan burung kacer untuk dilombakan, dan tak sedikit pula kacer mania yang berpartisipasi dalam even tersebut.

Selain burung ini memiliki tampilan fisik yang gagah disertai warna yang jelas, juga burung ini memiliki karakter suara yang unik, merdu, dan keras/lantang (simak: suara kacer). Untuk merawat burung kacer juga diperlukan kesabaran dan ketelatenan, tentu harus perawatan terbaik yang harus diberikan, karena apabila salah dalam hal perawatan, maka bisa akibatnya tidak bagus pada burung itu sendiri (baca juga: ternak kacer).

Di Indonesia sendiri burung kacer yang paling laris dan mudah ditemui ada 2 jenis, yaitu kacer Poci dan kacer Jawa, meski masih ada jenis lain yang tak kalah bagusnya dengan kacer tersebut, seperti: kacer Madagaskar, dan kacer Blorok. Adapun ulasan untuk jenis burung kacer bisa anda simak selengkapnya berikut ini.

Berikut beberapa jenis kacer yang populer di Indonesia:

1. Kacer Poci
kacer poci
Kacer Poci atau yang sering disebut kacer Sumatera ini nama lainnya adalah copsychus saularis. Ciri-ciri kacer satu ini terletak ada warna bagian dada, peruit, hingga pantat, semuanya berwarna putih terang. Selain itu semua berwarna hitam legam seperti burung kacer jawa, dan dari segi suara memang kacer ini memiliki suara yang keras dan lantang, serta keunggulannya mampu menirukan suara master burung lainnya.

2. Kacer Jawa
kacer jawa
Kacer jawa ini memiliki nama lain yaitu copsychus sechellarum. Ciri-ciri yang menonjol pada burung ini adalah pada bagian, perut, hingga pantat semuanya berwarna hitam, dan terdapat sedikit warna putih pada bagian sayapnya. Kacer Jawa juga termasuk burung yang pandai dalam hal menirukan suara burung kicau lainnya, hanya saja suaranya terbilang biasa dan sederhana.

3. Kacer Madagaskar
kacer madagaskar
Kacer Madagaskar ini dari segi waranya hampir mirip dengan warna kacer Poci, tetapi warna gelapnya terlihat lebih kebiru-biruan, apalagi pada saat terkena kilauan sinar, maka warna birunya akan nampak lebih jelas. Meskipun kacer ini berasal dari Madagaskar, tetapi karakter suaranya tidak jauh berbeda dengan burung kacer Indonesia.

4. Kacer Blorok
kacer blorok
Kacer Blorok ini termasuk jenis kacer dengan motif warna yang berbeda dari kacer lainnya, yaitu warna bloroknya tersebut menjadi ciri khas yang terkenal. Menurut para penangkar, kacer Blorok ini merupakan hasil persilangan antara kacer Jawa dengan kacer hitam putih. Dari segi seuara, kacer ini memiliki suara yang merdu dan lantang.

Harga kacer juga terbilang stabil, dan di pasaran cukup banyak juga kicau mania yang mencarinya.

Demikian kami akhiri pembahasan kali ini mengenai berbagai macam jenis burung kacer yang terkenal di Indonesia, semoga apa yang kami sajikan diatas dapat menambah wawasan bagi sobat kicau mania.