Cara Merawat Kaki (Sisik & Kuku) Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Bagi sobat kenari mania, merawat kenari dengan dasar hobi memang sangat menyenangkan sekali, apalagi kenari yang dirawat itu selalu sehat dan tampil prima. Bila kenari merasa sehat, maka tentu akan senang berkicau, selain itu juga kenari akan nampak lebih ceria, dan tidak kusam. Merawatburung kenari tidak boleh setengah-setengah, harus dengan benar dan dengan memberikan perawatan terbaik.

Perawatan burung kenari sebenarnya mencakup banyak hal, tidak hanya sekedar memberi makan, minum, memandikan, dan menjemur saja, tapi ada hal-hal lain yang sekiranya perlu untuk dirawat. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah cara merawat kaki kenari beserta kukunya, karena jika kenari semakin bertambah usianya, maka sisik kakinya akan semakin tebal, selain itu juga kukunya akan tumbuh panjang.

kaki kenari

Kenari yang sisiknya tebal serta kukunya panjang, maka akan menjadikannya terlihat kurang menawan, dan selain itu juga membuatnya kesusahan atau merasa tidak nyaman ketika nangkring, karena kuku yang terlalu panjang, dan daya cengkramnya berkurang. Bahkan, parahnya adalah ketika kuku kenari terlalu panjang akan membuatnya terluka dan berdarah  ketika kakinya tersangkut di jeruji besi sangkar.

Perawatan kaki kenari mencakup 2 hal, yaitu perawatan pada sisik dan kuku kenari yang bisa anda lihat informasinya berikut ini:

1. Perawatan sisik kaki
- Apabila sisik kaki kenari belum begitu tebal, maka bisa diolesi minyak tawon dengan menggunakan kapas secara rutin setiap 4 hari sekali.
- Apabila kaki kenari sisiknya sudah menebal, maka berikan minyak tawon dengan menggunakan kapas, kemudian biarkan beberapa menit, dan setelah itu korek sisiknya dengan kuku kita.

2. Perawatan kuku
- Apabila kuku kenari sudah terlalu panjang, maka sudah saatnya untuk dipotong.
- Cara memotongnya yaitu tangan kiri memegang kaki kenari yang kukunya akan dipotong, dan tangan kanan memegang alat khusus pemotong kuku. Memotong kuku ini harus tau batasan kuku yang harus dipotong, jangan terlalu ke dalam, karena bila terkena pembuluh darah, maka darahnya akan keluar deras. Adapun batasan memotong kuku kenari bisa anda amati contoh gambar berikut:

kuku kenari

Sekian informasi seputar merawat kaki kenari yang dapat kami share untuk anda kali ini, semoga bisa menjadi acuan dalam merawat kaki kenari kesayangan anda.

Mungkin anda berminat untuk membaca artikel sebelumnya tentang "suara kenari".