Cara Merawat Anakan Kenari Yang Baru Menetas

Advertisement
Advertisement
Dalam beternak burung kenari tentu membutuhkan sebuah proses, mulai dari proses penjodohan hingga proses indukan meloloh anakannya. Sebagai penangkar kenari tentu harus selalu memberikan sesuatu yang dibutuhkan dalam proses-proses tersebut, sehingga menjadikan kenari mampu melewati proses itu dengan baik.

Pada umumnya telur kenari akan menetas setelah mengalami masa pengeraman selama kurang lebih 14 hari. Menurut pengalaman para penangkar kenari, bahwa pada pada masa pengeraman hingga indukan meloloh anakan itu memerlukan pakan dengan kandungan gizi yang cukup. Di sinilah peran penangkar untuk memberikan pakan yang sesuai (baca juga: suara kenari).

anakan kenari

Setelah telur berhasil menetas, maka indukan kenari biasanya setiap 1 jam sekali akan aktif keluar masuk sarang untuk mencari pakan dan meloloh anakannya. Pada umumnya, kenari jantanlah yang biasanya keluar mencari pakan, kemudian memberikan pakan itu pada kenari betina, dan kenari betina yang meloloh ke anakannya.

Nah, di sini sebagai penangkar kenari yang sedang mengalami hal demikian pada kenari kesayangannya, maka harus selalu memberikan pakan yang cocok untuk kenari tersebut. Ada 2 jenis pakan yang biasa digunakan dan bagus untuk anakan kenari, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kuning telur
Kuning telur mengandung gizi yang tepat untuk anakan kenari, dan sebaiknya kuning telur dari telur puyuh. Karena ukuran telur puyuh tidak terlalu berlebihan, dan kandungan gizinya juga sesuai. Kuning telur harus diberikan secara rutin setiap hari, jangan sampai telat memberikan pakan tersebut.

2. Kecambah
Kecambah juga termasuk pakan yang sesuai untuk diberikan pada kenari, serta kandungan gizi yang terdapat pada kecambah dapat mendukung kesehatan dan perkembangan anakan kenari. Kecambah yang bisa diberikan berupa: biji sawi, canary seed, dan miled putih.

Sebaiknya kedua jenis pakan di atas diberikan secara bersamaan, dan haru rutin setiap hari.

Cukup sekian artikel tentang cara merawat anakan kenari yang bisa kami share kali ini, semoga sobat penghobi kenari dapat merawat kenari kesayangannya dengan baik.

Baca juga artikel yang membahas masalah yang dialami oleh penangkar kenari, yakni tentang indukan kenari yang memakan telurnya sendiri.