Cara Mencegah Dan Mengobati Kista Bulu Pada Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Semua penghobi burung kenari pasti menginginkan agar kenari kesayangannya selalu sehat dan tampil prima, namun tentu sedih bila kenari yang dimiliki didapati terkena penyakit kista bulu atau yang disebut dengan istilah feather cysts. Kista ini biasanya berada di kulit burung, dan terlihat seperti benjolan-benjolan.

Pada umumnya, tidak hanya burung kenari saja yang sering kali terkena kista bulu, semua burung kicau juga rentan terkena penyakit ini. Oleh karena itu, tips yang akan kami share ini bisa juga berguna bagi burung kicau lainnya. Benjolan kista bulu ini awalnya bisa terjadi karena pada saat bulu-bulu akan tumbuh, tetapi tidak bisa keluar dari pori-pori kulitnya. Hal inilah yang menjadikan tunas bulu kenari menumpuk dalam benjolan itu, sehingga benjolan semakin lama semakin membesar.

kista bulu

Ada beberapa penyebab utama burung kenari terkena penyakit kista bulu, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Malnutrisi atau kekurangan vitamin dan mineral.
  2. Bisa jadi karena keturunan dari induknya.
  3. Infeksi dari bakteri, virus, parasit, dan lain sebagainya.
  4. Benturan yang keras dapat menyebabkan bulu mendorong ke dalam, sehingga terjadi gangguan pada folikel bulu.
Bila kista bulu pada kenari ini tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan rasa sakit luar biasa pada kenari, bahkan bisa juga menyebabkan kenari stres dan macet bunyi. 

Adapun tips mengatasi kista kenari, bisa anda simak berikut ini:
  1. Yang pertama adalah mencukil benjolan kista yang menonjol keluar dari kulitnya, ini cukup mudah dilakukan karena hanya memencetnya dengan tangan sudah bisa keluar. Setelah dicukil, darahnya akan keluar, nah ini bisa langsung diberikan obat merah.
  2. Yang kedua adalah dengan cara membedah benjolan kista yang tumbuh di bawah kulit dengan menggunakan alat, seperti: silet/pisau, penjepit, handuk kecil, dan obat merah. Iris bagian yang kering dengan silet/pisau, lalu mendorong benjolan agar keluar dengan tangan. Selanjutnya ambil dengan penjepit, jika darahnya sudah keluar, maka bisa dibasuh dengan handuk dan tetesi obat merah.
  3. Berikan mutivitamin tambahan untuk memulihkan dan sebagai zat untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Vitamin yang terbaik yang bisa anda berikan adalah: OrBird.
Beberapa hari kemudian, coba dicek lagi apakah masih muncul benjolan lagi, atau tidak. Kalau muncul lagi bisa dilakukan ulang teknik di atas. Jika jangka waktu lama masih terus muncul, maka lebih amannya, bisa anda bawa ke dokter.

Adapun tips mencegah burung kenari agar tidak terkena kista, silahkan simak poin-poin nya berikut:
  1. Berikan pakan yang kaya akan mineral dan vitamin (baca: vitamin untuk kenari).
  2. Berikan minuman yang bersih, bila perlu air matang ataupun air galon Aqua.
  3. Selalu menjaga kebersihan kandang kenari (baca: cara membersihkan kandang kenari).
Itulah tadi penjelasan dari kami mengenai tips merawat kenari yang menderikat penyakit kista bulu, mulai dari penyebab, cara mengobati, hingga pencegahannya. Bagi sobat yang kenari kesayangannya menderita kista bulu, maka bisa ikuti tips-tips diatas untuk mengatasinya. Sebenarnya penyakit sering diderita burung kenari tidak hanya kista bulu saja, masih banyak penyakit lainnya (baca: penyakit kenari).

Jangan lewatkan juga artikel sebelumnya yang membahas seputar bisnis kenari. dan suara kenari.