Bagaimana Cara Mengetahui Telur Burung Kenari Isi Atau Kosong?

Advertisement
Advertisement
Sebagai penangkar burung kenari tentu sangat senang ketika mendapatki kenari kesayangannya telah menghasilkan telur, karena dengan begitu telur-telur tersebut akan menetas dan akan menjadi anakan kenari yang tentunya sebagai generasi penerus untuk dijadikan sebagai burung peliharaan ataupun mungkin akan dijual nantinya.

Saat ini sudah sangat banyak penangkar kenari yang berusaha untuk membudidayakan jenis burung satu ini, karena melihat permintaan pasar yang juga cukup banyak. Ada  penghobi kenari yang bertanya, bagaimana sih caranya mendeteksi telur kenari itu isi atau kosong? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka akan kami uraikan pada artikel kali ini.

mendeteksi telur kenari

Pada umumnya kenari mengerami telur-telurnya kurang lebih selama 14 hari (2 minggu). Apabila sudah melewati 14 hari, biasanya telur-telur yang telah dierami tersebut akan menetas satu per satu setiap harinya. Bila sampai pada hari ke-19, tetapi masih ada telur yang belum menetas, maka bisa ditunggu 1 - 2 hari lagi untuk memastikan telur itu benar-benar isi atau kosong.

Nah, pada kondisi seperti ini kebanyakan membuat penangkar kenari merasa diPHP, iya kalau telur tersebut isi, kalau tidak kan bikin kesel sang penangkar. Padahal secepatnya sang penangkar harus mengetahui telur kenari itu isi atau kosong. Maka dari itu, bagi sobat yang mungkin bingung untuk memastikan telur kenari seperti ini, maka bisa anda lihat trik khusus untuk mengetahui telur yang sudah isi maupun yang kosong.

Berikut cara mengetahui telur kenari isi atau kosong:
1. Caranya mirip dengan cara menerawang telur ayam pada umumnya, yaitu menggunakan senter dengan arah sinar menyorot ke wajah kita.
2. Peganglah telur dengan jari telunjuk dan jempol, kemudian sorot dengan sinar enter dari arah belakang.
3. Apabila saat disorot ternyata terlihat lebih jernih, bening, terang, maka bisa dipastikan bahwa telur itu kosong, dan bila dierami sampai kapanpun tetap tidak akan menetas. Berikut adalah gambar hasil sorot untuk telur kenari kosong:
telur kenari kosong
4. Apabila saat disorot ternyata nampak ada serat merah, pekat, keruh, gelap, maka bisa dipastikan telur itu isi, dan silahkan dilanjutkan untuk dierami indukannya, dengan harapan bisa menetas meski tidak 100% berhasil. Berikut adalah gambar telur kenari yang isi:
telur kenari isi

Demikianlah tips yang bisa kami bagikan untuk sobat penghobi kenari yang bingung mengenai masalah telur kenari yang kosong ataupun yang isi, semoga artikel di atas bisa membantu.

Kenari yang siap bertelur tentu sebelumnya sudah siap membuat sarang, dan kami telah mengupdate  artikel seputar bahan sarang kenari  yang bisa dipilih dan digunakan (baca: bahan pilihan untuk sarang kenari). Sebagi penghobi kenari, tentu kita akan berusaha semaksimal mungkin memberikan perawatan terbaik agar kenari selalu tampil prima dan suaranya menjadi bagus (baca: suara kenari).