Cara Agar Burung Kenari Cepat Bertelur

Advertisement
Advertisement
Perlu anda ketahui bahwa burung kenari termasuk jenis burung kicau yang mudah untuk diternak. Biasanya penangkar kenari mampu memperkirakan waktu yang tepat untuk reproduksi, dan mampu beternak kenari dengan manajemen yang bagus. Bagi sobat penghobi kenari pemula, mungkin perlu banyak belajar dan mencoba untuk beternak kenari, dengan begitu nantinya akan menuai pengalaman yang berharga, dan menjadi penangkar kenari yang handal (baca: ternak kenari bagi pemula).

Pada umumnya burung kenari yang siap untuk bereproduksi adalah ketika sudah berusia sekitar 9 bulan. Biasanya ditandai dengan adanya pejantan yang merayu dengan kicauan (simak: suara kenari), kemudian sang betina menanggapinya. Tanda-tanda lainnya juga bisa dilihat ketika sang betina sudah mulai mengumpulkan serabut sedikit demi sedikit untuk dijadikan sarang.

kenari bertelur

Biasanya pengaturan yang terlambat akan menjadikan kenari betina terlambat untuk bertelur, maka dari itu diperlukan teknik atau trik agar kenari cepat bertelur.

Berikut beberapa cara agar kenari dapat segera bertelur:
  1. Jangan biarkan kenari jantan bercampur jadi satu dengan kenari betina dalam waktu yang cukup lama, maksudnya cukup ketika masa perjodohan dan masa kawin saja.
  2. Proses kawin biasanya siap dimulai pada saat kenari jantan sudah rajin gacor, dan yang betina sudah siap dikawini, yaitu ditandai dengan tanggapan ketika kenari jantan merayu, serta kenari betina sudah mulai membuat sarang.
  3. Sebaiknya mencampur kenari jantan dengan kenari betina pada kondisi masing-masing sudah diberi pakan, dan sudah dalam kondisi bersih, baik kandang maupun kedua burung kenari tersebut.
  4. Selanjutnya masukkan kenari jantan ke dalam sangkar kenari betina.
  5. Apabila kenari jantan sudah bercampur dalam satu sangkar tapi belum ada tanda-tanda mulai merayu, maka coba inisiatif lain yaitu mengambil kenari jantan lainnya yang lebih gacor, maka dengan begitu kenari jantan akan merasa ada pesaing, lalu mendekati kenari betina, kemudian menaikinya, dan terjadilah perkawinan.
  6. Apabila perkawinan sudah selesai, maka selanjtnya pisahkan kenari jantan dengan betina, dan biarkan keduanya saling berhadapan/saling melihat.
  7. Pada 3 hari berikutnya, bisa anda coba ulangi lagi trik di atas. 
  8. Yang pasti setelah 4 hari masa kawin selesai, kenari jantan harus dipisahkan dengan kenari betina, karena kenari betina sudah mau bertelur.
  9. Berikan multivitamin Orbird.
Apabila indukan kenari sudah menetas, dan maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh penangkar kenari adalah memeberikan perawatan yang sesuai pada anakan kenari tersebut (baca: cara merawat anakan kenari yang baru menetas).

Sekian sekilah informasi mengenai tips dan trik agar kenari bisa bertelur dengan cepat, semoga bermanfaat.