Penyebab Bulu Burung Kenari Kusam

Advertisement
Advertisement
Sebagai penghobi burung kenari, tentu merawat burung kenari harus secara keseluruhan, tidak hanya memberikan perawatan pokok, seperti: makan, minum, memandikan, dan menjemur, tetapi juga perlu memperhatikan kesehatan fisiknya. Permasalahan yang terjadi pada kenari kesayangan anda, harus segera anda atasi, dengan begitu kenari kesayangan anda akan menjadi lebih nyaman dan bebas dari masalah.

Salah satu hal yang bikin kenari terlihat kurang terawat adalah bulu-bulu nya kusam. Menurut pendapat para penangkar kenari, bulu-bulu yang kusam itu penyebab utamanya adalah karena kekurangan minyak atau lemak. Lemak yang letaknya di atas pantat burung ini menipis, sehingga untuk mengatasinya cukup dengan memberikan tambahan minyak ikan.

bulu kenari kusam

Ada yang berpendapat, bahwa bulu kenari yang kusam tersebut tidak disebabkan karena kekurangan lemak, tetapi pada bagian lubang kelenjar lemak tertutupi kotoran kering, atau bisa juga karena bekas luka yang mengering.

Apabila penyebabnya dikarenakan kekurangan lemak atau saluran lemaknya tertutup kotoran, maka bisa anda  coba cek sendiri dengan cara menekan/ memencet secara perlahan pada bagian atas pantat kenari. Bila tidak keluar minyak, maka bisa jadi kenari tersebut saluran kelenjar minyaknya mengalami kebuntuan, karena meskipun ada minyak sedikit, tetap saja keluar terdapat minyak yang menempel di tangan kita.

Nah, bulu kenari kusam selain disebabkan karena kekurangan minyak, ada penyebab lain yang berpotensi besar, yaitu karena bulu kenari yang sudah terlanjur rusak. Adapun penyebab bulu rusak diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Saat dimandikan, kemudian bulunya masih sangat basah dan langsung dijemur, maka hal ini dapat menjadikan bulu kenari menjadi mengeriting, sehingga terlihat kusam.
  2. Terlalu sering atau terlalu banyak memberikan zat kimia, baik obat anti kutu ataupun obat lainnya. Hal ini tentu dapat merusak zat lilin yang terdapat pada bulu kenari, yang mana zat lilin ini berfungsi sebagai pelindung.
  3. Pada saat kenari mabung biasanya kenari kekurangan banyak minyak, atau meskipun masih tersedia banyak minyak tetapi bulu-bulunya sudah terlanjur rusak.
  4. Berikan obat alami terbaik seperi Orbird yang efektif menjadikan bulu kusam menjadi lebih mengkilau.
Dari poin-poin di atas dapat disimpulkan bahwa bulu kusam pada kenari bukan hanya disebabkan kekurangan minyak ataupun kelenjar minyak yang tertutup, tetapi bisa juga karena bulu yang rusak karena mabung. Biasanya bulu yang rusak karena mabung, maka tunggu proses mabung selesai, maka bulu-bulunya akan kembali normal seperti sedia kala.

Demikian share kali ini seputar penyebab bulu yang kusam pada burung kenari, semoga apa yang kami sajikan di atas dapat manambah secercah wawasan bagi sobat kenari mania.

Tak lupa juga kami menyertakan link artikel sebelumnya yang mengulas tentang "suara kenari".