Bahan Pilihan Untuk Sarang Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Sarang merupakan bagian yang penting dan berperan dalam mendukung proses mengerami, penetasan, hingga perawatan kenari indukan untuk anakan. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas masalah bahan-bahan yang tepat untuk dijadikan sarang burung kenari. Karena tak sedikit pula penghobi kenari yang bingung dan menanyakan bahan untuk sarang kenari.

Perlu anda tahu, bahwa di alam liar biasanya burung kenari membuat sarang dari dedaunan kecil, rumput yang kering, serabut-serabut yang lembut, dan lain sebagainya. Burung kenari bukan tipe burung yang pemilih, jika di sekitar terdapat bahan yang dianggap cocok atau sesuai untuk dibuat sarang, maka diambil.

bahan sarang kenari

Kebanyakan juga penangkar kenari tidak terlalu ribet memikirkan bahan untuk sarang kenari, karena yang terpenting adalah sesuai dengan fungsinya Karena setiap penangkar juga memiliki pendapat dan selera yang berbeda-beda, maka dari itu kali ini kami akan share bahan-bahan yang cocok untuk sarang kenari. Jadi, semoga bisa menjadi pilihan buat sobat penghobi kenari untuk kenari kesayangan anda.

Berikut adalah beberapa bahan sarang kenari yang bisa anda pilih sesuai dengan selera atau minat anda:

1. Rumput kering
Rumput kering bisa menjadi pilihan sebagai bahan untuk sarang kenari, selain sangat mudah didapatkan juga tentu tanpa harus mengeluarkan biaya, sudah bisa mendapatkannya di lingkungan sekitar kita. Bisa juga kita mengambil rumut basah, tetapi harus dikeringkan/dijemur dahulu hingga kering. Adapun jenis rumput kering yang bisa digunakan adalah alang-alang, rumput gajah, rumput teki, dan lain-lain.

2. Kapas
Kapas termasuk bahan yang sifatnya hangat, dan biasanya penangkar kenari menambahkan kapas pada sarang bagian atas dengan tujuan agar kenari lebih hangat. Selain itu,kapas juga berfungsi untuk menyerap kotoran anakan, jadi kapas yang kotor bisa dengan mudah diganti  kapas yang baru. Kapas juga snagat cocok digunakan pada saat cuaca dingin, atau disaat musim hujan.

3.Karung goni
Karung goni yang biasanya dipakai sebagai wadah jagung, beras, dan sejenisnya bisa anda gunakan sebagai bahan untuk sarang kenari. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencucinya terlebih dahulu hingga bersih, kemudian menjemurnya hingga kering. Selanjutnya ambil serat-seratnya, kemudian taruh di sarang atau di lantai sangkar, dan biar indukan kenari itu sendiri yang mengambilnya.

4. Daun cemara
Daun cemara juga tidak perlu biaya, cukup dengan mencarinya di sekitar lingkungan kita yang tentu lebih banyak berada di daerah pegunungan, seperti: malang, bandung, dan lain sebagainya. Di alam liar, burung kenari juga banyak yang sarangnya terbuat dari daun cemara, jadi tentu cocok dijadikan bahan sarang untuk kenari milik anda.

5. Serat nanas
Serat nanas ini juga cukup mudah didapatkan, dan bahannya bersifat lentur. Terkadang juga saking lenturnya bisa menjerat kaki kenari anakan, tetapi itu tidak terjadi bila anda rajin memeriksa kondisi sarang.

Nah, biasanya burung kenari betina yang sudah mulai mengambil sarang adalah kenari yang sudah siap untuk kawin dan bertelur. Adapun tips khusus agar burung kenari cepat bertelur bisa anda baca pada artikel sebelumnya (baca: cara agar kenari cepat bertelur).

Demikianlah ulasan kali ini tentang bahan-bahan yang bagus untuk sarang burung kenari, semoga bisa menjadi pilihan buat sobat kenari mania untuk kenari kesayangannya (simak juga: suara kenari).