Sawi Putih Juga Bagus Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Sebenarnya burung kenari tidak jauh berbeda dari burung kicau lainnya, terutama di bagian pemberian pakannya. Pakan utama burung kenari adalah biji-bijian, nah selain itu anda juga bisa untuk mencoba memberikan pakan yang berupa sayuran. Sayur-sayuran mengandung vitamin yang sangat tinggi, selain itu juga terdapat kandungan mineral yang tentu bagus untuk kenari.

sawi putih untuk kenari

Berbagai macam sayuran bisa anda berikan untuk kenari anda, mulai dari sawi hijau, salada, gambas, dan lain sebagainya. Kandungan zat anti oksidan dalam sayuran juga cukup tinggi, ini sangat bermanfaat untuk kekebalan daya tahan tubuh kenari dari serangan berbagai maca penyakit.

Adapun sayuran yang bisa anda berikan untuk burung kenari salah satunya adalah sawi putih. Banyak kenari mania yang bertanya-tanya, "apa pengaruh negatif sawi putih pada burung kenari? soalnya ada kenari temen saya yang kenarinya dikasih pakan sawi putih malah matanya menjadi katarak." Sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali antara sawi putih dengan katarak, negatifnya adalah ketika sawi putih yang baru di beli itu tidak dicuci dengan bersih, sehingga masih menempel banyak zat kimia yang tentu sangat tidak bagus bagi tubuh kenari. Meskipun demikian, bukan berarti pula dampaknya pada kenari yang matanya menjadi sakit katarak. Namun, itu juga bisa jadi, tetapi kemungkinannya sedikit, dan pada umumnya yang menyebabkan mata kenari sering sakit, mengeluarkan air mata dan lendir, dan bahkan katarak adalah dikarenakan pencahayaan yang terlalu berlebihan pada kenari, misalnya: ketika malam hari kenari tidak dikerondong dan posisinya sangat dekat dengan cahaya lampu, hal ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan mata kenari, ditambah lagi semalaman suntuk sampai pagi kenari terkena cahaya secara berlebihan, tentu dampak negatif cukup besar. Bisa juga karena saat penjemuran yang juga secara berlebihan, ketika terik matahari sudah sangat panas tapi kenari terus dibiarkan, hal ini juga bisa berdampak buruk pada matanya (baca: cara menjemur kenari).

Memang dalam merawat kenari bagi pemula itu terbilang susah-susah gampang, namun bila sudah terbiasa dan hobinya sudah mendarah daging, maka merawat burung kenari merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan (baca: cara ternak kenari bagi pemula).

Mungkin cukup sekian dulu ualasan singkat seputar sawi putih untuk kenari yang dapat kami sampaikan buat anda, semoga bermanfaat. Sebelumnya, sempat juga kami menulis artikel tentang: suara kenari dan kenari suka makan terus, silahkan dikunjungi, terima kasih.