Cara Memilih Lokasi Rumah Burung Kenari Yang Tepat

Advertisement
Advertisement
Burung kenari adalah jenis burung dengan postur mungil namun terlihat sangat indah serta memiliki karakter suara yang khas/ unik (simak: suara kenari). Hingga saat ini, pecinta burung kenari sudah sangat banyak sekali yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Jenis kenari juga bermacam-macam, mulai dari kenari Yorkshire, kenari Border, kenari Roller, Kenari Lizard, dan lain-lain. Tak hanya itu, harga kenari juga bervariasi, tentunya juga menyesuaikan tiap jenis kenari serta kualitasnya.

Lalu bagaimanakah cara memilih lokasi untuk rumah kenari yang baik dan nyaman? cara memilih lokasi yang tepat adalah mengkondisikan dan memastikan bahwa rumah kenari harus benar-benar berada di lingkungan yang tenang, nyaman, dan terhindar dari gangguan apapun, seperti binatang, lalu lalang kendaraan, manusia, dan lain sebagainya. Karena bila kita salah meletakkan rumah kenari, maka akan berdampak negatif pada kenari itu sendiri. Apa dampaknya tersebut? diantaranya adalah kenari betina tidak mau mengerami telurnya, kenari stres, kenari tidak mau kawin, dan lain sebagainya.

rumah kenari

Daiatas telah kami jelaskan secara singkat cara memilih lokasi rumah kenari yang tepat, dan berikut ini kami jabarkan selelengkapnya tentang cara memilih lokasi rumah kenari yang baik dan benar:

1. Rumah kenari sebaiknya dihindarkan dari tempat yang ramai seperti; di pinggir jalan raya, di ruang tamu, dll. Hal ini dilakukan agar kenari merasa tenang dan nyaman, sehingga terhindar dari segala gangguan yang menjadikannya tidak berani untuk melakukan sesuatu yang diinginkan, semisal; kawin, atau juga malah juga semakin stres karena terus merasa kurang nyaman.

2. Rumah kenari juga harus dihindarkan dari lingkungan yang kotor dan berpolusi udara, misalnya dekat dengan dapur yang banyak asap, dekat dengan jalan raya yang banyak debu dan asap kendaraan, atau dekat dengan asap/limbah dari industri rumah tangga ataupun industri sekitar. Hal ini dilakukan agar kenari terhindar dari segala jenis penyakit, baik penyakit pernapasan ataupun yang lainnya.

3. Mirip dengan nomr 1, yaitu rumah kenari harus dihindarkan dari segalah hal yang bersifat ramai dan mengganggu, semisal saja: lingkungan yang banyak anak bermain, suara bising mesin kendaraan, atau suara bising dari industri sekitar. Hal ini dilakukan agar indukan kenari merasa tenang dan nyaman dalam bereproduksi ataupun untuk perkawinan.

4. Rumah kenari juga harus dihindarkan dari lingkungan yang berbahaya, terdapat banyak binatang yang setiap saat dapat mengancamnya, seperti; kucing, anjing, ular, dan lain sebagainya.

Yang pada intinya, pemilihan lokasi rumah kenari yang tepat harus berada di lingkungan yang tenang, sehingga menjadikan kenari itu merasa nyaman dan tidak was-was.

Demikian sedikit ulasan yang dapat kami bagikan kepada sobat kenari mania mengenai pemilihan rumah kenari di lingkungan yang nyaman. Jika berkenan, silahkan kunjungi juga artikel yang telah kami tulis sebelumnya, yaitu tentang kenari Spanish Timbrado.