Cara Mengobati Burung Kenari Cacingan

Advertisement
Advertisement
Terkadang pecinta burung kenari menghadapi permasalahan yang tentu membuatnya bingung, apalagi kalau bukan masalah kenari sakit. Dan tentu penyakit kenari ada berbagai macam jenisnya, dan sebelumnya telah kami ulas tentang cara mengobati kenari sakit mencret. Tetapi untuk kali ini yang akan kami bahas adalah seputar cara mengatasi kenari yang sakit cacingan.

Apabila anda menemui kenari anda yang sedang mengalami gejala penyakit cacingan, maka anda harus segera menanganinya, agar tidak semakin parah dan burung kenari bisa kembali normal seperti sedia kala. Karena efek negatif yang diakibatkan penyakit cacingan memang cukup besar, selain bikin kenari kurus kering/ nyilet meski sering kali makan (baca: kenari makan terus). Selain kenari kurus juga bahkan bisa sampai pada kematian bila terus dibiarkan.

kenari cacingan

Pada umumnya kondisi tubuh burung kenari yang terkena penyakit cacingan ini adalah tubuhnya sangat kurus. Dan di dalam tubuh kenari terdapat cacing yang bila dibiarkan maka akan dapat berkembang biak, dan terus menyerap setiap sari-sari makanan dari hasil pakan yang dimakan kenari. Adapun cara penanganannya bisa anda simak penjelasan di bawah ini.

Berikut beberapa poin penting tentang cara mengobati kenari cacingan:
  1. Sebaiknya anda jauhkan/ karantina/ pisahkan kenari yang menderita cacingan ini dengan kenari lainnya, agar tidak menular, serta lebih fokus untuk penyembuhannya.
  2. Sangkar harus selalu anda bersihkan.
  3. Coba hentikan dulu sementara memberikan pakan yang berupa sayur-sayuran, dan berikan biji-bijian yang dipanasi terlebih dahulu biar lebih steril.
  4. Air minum harus tetap bersih, sebaiknya diberikan air matang.
  5. Campurkan OrBird pada air minum, atau juga bisa lagsung di teteskan melalui paruhnya.

Cukup sekian cuap-cuap kali ini seputar kenari cacingan, semoga kenari kesayangan anda segera sembuh dari penyakit ini. Untuk menjaga agar jangan sampai terkena penyakit cacingan, maka anda harus selalu menjaga kebersihannya, mulai dari kebersihan pakan, minum, hingga kandangnya (baca: cara membersihkan kandang kenari). Simak juga artikel sebelumnya tentang "suara kenari" yang bagus untuk masteran.