Manfaat Oyong / Gambas Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Burung kenari adalah jenis burung yang sangat menyukai biji-bijian, dan terkadang perlu juga pakan tambahan / EF yang berupa buah-buahan atau sayuran yang tentunya harus sesuai atau disukai kenari. Namun, ada juga buah yang tidak baik untuk kenari, salah satunya yaitu buah alpukat. Ada juga kroto yang kandungan gizinya cukup bagus untuk kesehatan kenari, yaitu kroto (baca: manfaat kroto untuk kenari).

Pada postingan sebelumnya telah kami bahas mengenai manfaat wortel untuk kenari, nah kali ini akan kami ulas tentang manfaat oyong atau gambas untuk kenari kesayangan anda. Gambas atau yang terkenal dengan nama oyong ini termasuk dalam tanaman jenis labu-labuan. Oyong adalah tanaman yang cukup mudah perawatannya, dan mudah hidup di mana saja asalkan tempatnya kering dan hanya membutuhkan ketersediaan air yang cukup.

oyong

Sebelum memberikan oyong pada kenari, maka terlebih dahulu kupas kulitnya, karena kulit oyong cukup tebal dan keras. Setelah dikupas kulitnya, selanjutnya iris atau poting-potong oyong untuk memudahkan kenari dalam memakannya. Oyong rasanya cukup manis, dagingnnya lembut/ lunak, selain itu mengandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi yang tentu mudah untuk dicerna oleh kenari.

Zat gizi yang terkandung dalam oyong atau gambas, diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, protein, kalsium, dan zat besi yang sangat bagus dalam menunjang kenari tetap tampil prima dan semangat gacor. Banyak penangkar kenari yang menganggap bahwa oyong dapat memancing suara kenari yang ngeriwik menjadi lebih jos. Oyong juga bagus untuk untuk diet bagi kenari yang mungkin kegemukan. Oyong  juga dapat menurunkan rasa panas pada saat musim panas yang cuacanya ekstrim. Selain itu, oyong juga dapat menstabilkan birahi kenari atau kenari yang over birahi.

Pemberian oyong secara terus-menerus setiap hari dampaknya tidak bagus bagi kenari, yaitu bisa menjadikan kotorannya berair, dan juga menjadikan tenggorokan kenari berlendir. Yang pasti oyong hanya sebagai pakan tambahan, bukan pakan utama. Maka, sebaiknya memberikan oyong satu atau dua minggu sekali,

Sekian kami akhiri ulasan mengenai manfaat oyong untuk kenari, semoga beguna.

Mungkin anda tertarik untuk mengetahui informasi seputar "suara kenari" yang telah kami ulas sebelumnya, maka silahkan untuk mengunjunginya.