Apa Manfaat Dan Bahaya Kroto Untuk Burung Kenari?

Advertisement
Advertisement
Perlu anda ketahui bahwa selain burung pleci, kacer, murai batu, dan lovebird, burung kenari juga merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak dicari saat ini. Terbukti bahwa semakin banyaknya peminat di pasaran lokal yang selalu memburu burung kenari sebagai burung pilihan, karena selain memiliki keunggulan dari segi bentuk/fisik yang indah, juga unggul dalam karakter suara (simak: suara kenari). Karena setiap jenis kenari memiliki keunikan yang berbeda-beda dan hal inilah yang menjadi sebuah pilihan bagi penggemar burung kenari yang lebih memilih kenari karena ada banyak varietas.

kroto untuk kenari

Dalam merawat burung kenari pada umumnya tak jauh berbeda dengan burung kicau lainnya, namun ada yang lebih khusus yakni antara burung kenari impor dan lokal yang tentu berasal dari lokasi yang berbeda, maka perawatannya pun ada sedikit perbedaan. Menurut kebanyakan peternak kenari, bahwa kenari lokal dianggap lebih kuat dan tahan banting dari segi fisik, sedangkan kenari impor sang pemilik harus tahu hal-hal yang harus dilakukan agar kenari impor itu yang notabene berasal dari daratan eropa yang cuacanya dingin dan sekarang berada di Indonesia yang cuacanya panas dan ekstrim, maka sang penangkar harus pintar-pintar dalam menyiasati perawatan kenari impor itu.

Kesabaran dan ketekunan dalam merawat burung kenari menjadi kunci utama dalam kesuksesan beternak burung kenari. Meskipun merawat kenari adalah sebuah kegemaran/hobi, tapi disisi lain ada juga permasalahan-permasalahan yang tentu dialami oleh semua peternak burung kenari. Salah satu kekhawatiran muncul dan dilontarkan oleh para penghobi kenari yang terbilang pemula yaitu apa manfaat kroto untuk kenari? dan apakah bahayanya? pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering kali ditanyakan oleh penghobi kenari yang merasa bimbang dengan pakan kroto, karena banyak juga yang telah mengalami kenarinya macet bunyi gara-gara makan kroto.

Sebenarnya jawabannya simpel, jika kita melihat dan meneliti lebih dalam mengenai kroto, maka yang kita tahu adalah kroto mengandung protein yang sangat tinggi. Jadi, jika diberikan pada burung kenari tentu akanj sangat bagus sekali, karena sejak jaman dahulu kroto menjadi pakan yang istimewa tidak hanya bagi burung kenari saja, namun bagi jenis burung kicau lainnya kroto sudah umum menjadi pakan pilihan yang istimewa. Bahkan harga kroto sendiri di pasaran juga lumayan mahal dan cukup langka untuk mendapatkannya. Namun, yang lebih baik bila pemberian pakan itu disesuaikan dengan kebiasaan, dan mungkin kenari yang tidak terbiasa makan kroto juga bisa jadi penyebab kenari itu tidak mau berbunyi karena menganggap kroto bukanlah pakan yang biasa dimakannya.

Bagi kenari yang belum pernah makan kroto, sebaiknya jangan langsung dijejeli/diberi kroto dengan porsi yang banyak, untuk pertama coba beberapa biji dahulu yaitu sekitar 5 sampai 10 biji saja, bila kenari tidak mau memakannya, maka jangan dipaksakan untuk memberinya lagi. Namun bila kenari sangat menyukainya, ini bisa menjadi sebuah pilihan dala memberi pakan kroto untuk langkah selanjutnya yang tentu harus disesuaikan dengan porsinya. Karena porsi yang berlebihan tidak baik juga untuk burung kenari, tidak hanya untuk burung saja, di dunia ini segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

Lalu bahayanya apa? ya itu tadi, mungkin karena kenari tidak pernah maka kroto sejak kecil, sehingga ketika dewasa dan diberikan kroto, maka kenari itu merasa kaget. Porsi yang berlebihan juga tentu kurang bagus dan bisa menjadi bahaya bagi kenari. Dan selanjutnya yang berbayaha adalah ketika kita tidak memilih atau membiarkan semut dengan kroto, sehingga semut ikut dimakan oleh burung kenari, dan inilah yang bahaya.

Nah, sekarang sudah tahu kan, lebih besar manfaatnya dibandingkan dengan bahayanya. Bagi sobat penghobi burung kenari yang mungki juga tertarik untuk memelihara kroto ataupun untuk dijadikan bisnis kroto, maka bisa anda baca artikel tentang cara budidaya kroto.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai manfaat kroto untuk kenari yang dapat kami ulas pada postingan ini, semoga apa yang kami bagikan kepada sahabat semua bisa bermanfaat. Silahkan dikunjungi juga artikel yang mungkin juga bermanfaat bagi anda yaitu tentang cara mengatasi burung kenari yang sering mengacak-acak pakan.