Karakteristik Burung Kenari Warna (Color Bred Canary)

Advertisement
Advertisement
Selamat pagi wahai sobat penggemar burung kenari, sobat pasti tahu kan kenari warna yang berwarna-warni dan lebih menonjolkan keindahan warna bulunya. Kenari warna memang masuk dalam kategori kenari warna (color bred variety), bukan kategori postur ataupun lagu. Kenari ini masuk varietas warna dan telah dikembangkan oleh para penangkar kenari sehingga menghasilkan kenari warna yang lebih istimewa.

Pada mulanya kenari jenis ini dikembangbiakkan oleh para penangkar kenari sekitar tahun 1900-an, Postur fisik burung kenari warna berukuran sekitar 14 cm, dan kenari jenis ini merupakan kenari yang dapat memanjakan mata pemiliknya atau penontonnya, karena memang sangat lincah, aktif bergerak, atraktif, dan sangat menghibur.  Ada berbagai macam warna yang bisa ditemukan pada jenis kenari ini, mulai dari warna kuning, merah, biru, coklat, dan lain sebagainya yang tentu ini dikembangkan oleh para penangkar dengan kombinasi kenari dengan warna dasar.

gambar kenari warna

Kenari warna jumlahnya cukup banyak, dan sudah menyebar luas hingga ke seluruh dunia, dan di Indonesia snediri kenari warna banyak kita jumpai di pasaran. Kenari warna memiliki keunggulan pada tampilaan warnanya yang istimewa, jadi banyak kicau mania yang menyebutnya sebagai burung kenari spesialis pertunjukan warna.

Burung kenari warna memiliki ciri-ciri khusus, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Bulu kenari warna terlihat sangat bersih, dan bila dipegang terasa lebih halus.
  2. Leher hingga kepalanya tidak memanjang.
  3. Kebiasaan berdiri tegak hingga 45 drajat.
Meskipun kenari ini sudah mendunia, tetapi banyak yang menganggap bahwa mengembangbiakkan kenari jenis ini cukup sulit dibanding kenari lainnya. Karena lebih fokus pada tampilan warna yang menarik, dan ini tentu diperlukan kejelian dalam hal perawatan sehari-hari. Harga kenari warna lumayan mahal, mulai dari 500 ribu hingga 1 juta lima ratus ribu rupiah. Meski terbilang mahal, tetapai harga juga menyesuaikan kualitas.

Demikian penjelasan dari kami mengenai kenari warna, semoga bisa menjadi sebuah informasi atau wawasan tambahan bagi sobat penggemar burung kenari. Jika berminat, silahkan lihat juga artikel sebelumnya yang membahas tentang: suara kenari dan jenis lovebird.