Mengapa Induk Kenari Bertelur Di Tempat Pakan? Solusinya?

Advertisement
Advertisement
Ada yang sempat bertanya "mengapa indukan kenari bertelur di tempat pakan?" padahal sudah ada sarang dan sudah disediakan sarang khusus untuk bertelur. Sebenarnya ini lucu sekali, wadah yang sebenarnya untuk tempat pakan malah dibuat bertelur oleh burung kenari, berarti ini ada sesuatu janggal dan aneh. Maka dari itu, mari kita kupas apa penyebab atau pemicu kenari induk bisa melakukan hal yang demikian (simak juga: suara kenari).

Bagi penangkar kenari yang berpengalaman tentu hal seperti ini sudah sering kali ditemui, namun bagi kenari mania yang terbilang baru dalam ternak kenari, tentu akan merasa kaget. Nah, hal ini juga terkadang menjadikan dilema bagi penangkar kenari, apakah harus menindahkan telurnya yang sudah terlanjur berada di tempat pakan, atau membiarkannya. Karena apabila tidak berhati-hati dalam mengatasi masalah semacam ini, maka fatalnya adalah indukan kenari tidak mau mengerami telurnya.

tempat pakan kenari

Maka dari itu, kita harus cari tahu terlebih dahulu apa saja faktor yang penyebab indukan kenari bertelur di tempat pakan. Adapun pemicunya bisa anda simak informasinya berikut ini:
  1. Sarang yang tidak nyaman bagi kenari, hal ini bisa jadi dikarenakan sarang itu berada terlalu dekat/ menempel dengan dinding kandang/ sangkar, atau bisa juga karena terlalu dekat dengan atap sangkar. 
  2. Sarang terbuat dari bahan yang tidak sesuai, atau bahan tidak disukai kenari.
  3. Sarang tercampur/ terkontaminasi dengan zat kimia.
  4. Sarang yang terlalu kotor, sehingga banyak kutu.
Beberapa poin di atas bisa jadi menjadi penyebab kenari anda tidak mau bertelur di sarang, dan memilih pindah bertelur di wadah pakan. Jika memang terindikisai salah satu poin di atas menjadi penyebab utama indukan kenari pindah sarang, maka segera  lakukan penanganan. Khusus untuk sarang yang banyak kutu, maka bisa langsung anda cuci dan dijemur hingga kering. Sedangkan untuk mengatasi telur yang sudah terlanjur berada di dalam pakan, maka tunggulah hingga telur yang terakhir keluar, baru bisa nada pindahkan telur-telur itu ke sangar yang sudah steril.

Tips menangkar kenari:
  1. Rajin-rajinlah dalam membersihkan kandang kenari (baca: cara membersihkan kandang kenari).
  2. Mandikan kenari secara rutin setiap hari (baca: cara memandikan kenari).
  3. Lakukan penjemuran kenari secara teratur setiap hari (baca: cara menjemur kenari).
Tips di atas dilakukan dengan tujuan agar kenari yang anda miliki, tetap merasa nyaman, terhindar dari penyakit, dan tentunya agar selalu tampil prima dan rajin gacor.

Cukup sekian artikel yang dapat kami sampaikan kepada sobat penggemar burung kenari, semoga apa yang kami informasikan bisa menjadi solusi bagi sobat sekalian. Silahkan mampir juga untuk melihat artikel yang kami buat sebelumnya tentang suara kenari isian cililin, sekalian download mp3 nya sebagai koleksi atau bahan untuk memaster kenari milik anda.