Berbagai Macam Jenis Burung Lovebird Lengkap Dengan Gambar

Advertisement
Advertisement
Jenis lovebird akan kami coba ulas lebih lengkap lagi di postingan kali ini, semoga dapat menambah wawasan bagi sobat kicaumania yang belum mengetahuinya. Pada kesempatan lalu sempat kami bahas mengenai harga lovebird. Tahukah anda bahwa burung lovebird merupakan jenis burung yang hobi berkumpul dengan kelompoknya, sehingga banyak pula yang menyebutnya sebagai burung sosial. Nah, yang paling populer adalah burung ini dinamai burung lovebird yang artinya burung cinta, karena karakteristik utama pada burung ini adalah senang berdekatan dengan burung lovebird yang lain, bahkan banyak pula yang terus bersama, dan akan pergi bila salah satu pasangannya telah mati.

burung lovebird

Burung lovebird pada umumnya reproduksinya mampu menghasilkan 3 hingga 6 biji telur dengan jangka waktu pengeraman selama 22 hari. Setelah menetas, anak burung lovebird sudah bisa meninggalkan sarangnya ketika sudah berumur 5 minggu. Burung lovebird termasuk jenis burung yang mudah beradaptasi dengan iklim, dan di Indonesia sendiri burung lovebird termasuk jenis burung kicau yang populer, karena memang burung ini sangat unik dan mudah diternak (simak: ternak lovebird).

Burung lovebird sebenarnya berasal dari Madagaskar, dan burung lovebird lebih menyukai wilayah yang kondisinya kering. Biasanya burung lovebird mudah ditemui di pepohonan kering, perkebunan, atau bahkan ada juga di bangunan yang berada di hutan dan sudah lama tidak dihuni oleh pemiliknya.

Mungkin bagi anda para pecinta burung lovebird sudah penasaran ingin tahu jenis lovebird itu apa saja, maka silahkan simak macam-macamnya berikut ini:

1. Madagaskar lovebird (Agapornis cana)
madagaskar lovebird
Burung lovebird Madagaskar ini bentuk tubuhnya terlihat sangat imut dan mungil, dan berat tubuhnya hanya sekitar 30 gram. Tubuh bagian atas warnanya hijau, sedangkan tubuh bagian bawah warnanya hijau muda. Untuk yang jantan ada ciri khusus yaitu pada bagian kepala hingga sampai bagian dadanya berwarna abu-abu, sedangkan yang betina hijau muda. Burung ini masih terbilang susah diternak, dan kebanyakan masih berada di Madagaskar.

2. Masked lovebird (Agapornis personata)
masked lovebird
Mengapa dinamai muka topeng? karena dibagian kepalanya berwarna sampai bagian leher waranya hitam-hitam agak kecoklatan terlihat seperti burung yang bertopeng. Burung jenis ini kebanyakan menyebar di wilayah Tanzania.

3. Peachfaced (Agapornis roseicollis)
peach faced lovebird
Peach faced yang artinya adalah muka salem yang termasuk lovebird pertama yang berhasil didomestikasi. Burung ini merupakan lovebird yang paling banyak diternak oleh para penangkar lovebird, dan penyebarannya paling banyak di barat daya Afrika.

4. Nyasa Lovebird (Agapornis lilianae)
nyasa lovebird
Lovebird yang satu ini tubuhnya hampir keseluruhan berwarna hijau, sedangkan kepalanya berwarna orange agak kemerahan. Ukuran panjang tubuh kenari ini sekitar 13 cm, dan jenis ini menyebar luas di wilayah Mozambik, Tanzania, dan Malawi.

5. Fischeri (Agapornis Fischeri)
fischeri lovebird
Ciri khas pada lovebird jenis ini adalah pada lingkaran matanya yang berwarna putih, sedangkan tubuhnya berwarna hijau, serta warna bagian dada yaitu oarange agak kemerah-merahan. Lovebird Fischeri ini penyebarannya terbanyak di wilayah Tanzania.

6. Black-collared lovebird (Agapornis Swindernia)
black collared lovebird
Burung lovebird yang ini memang unik, karena terdapat kerah atau lingkaran berwarna hitam pada lehernya. Dan kebanyakan menganggap bahwa jenis ini termasuk jenis lovebird yang sulit untuk diternak, dan penyebarannya sampai di wilayah Afrika Barat dan Afrika Tengah.

7. Redfaced lovebird (Agapornis Pullaria)
red faced lovebird
Lovebird ini dinamai red faced karena memang warna bagian muka dan dahinya merah. Pada jenis lovebird red faced betina mukanya agak oranye. Warna kakinya abu-abu, serta badannya sebagian besar berwarna hijau. Lovebird yang ini juga termasuk susah untuk ditangkar, dan penyebarannya sampai di wilayah Afrika Tengah dan Afrika Barat.

8. Abyssinian lovebird (Agapornis taranta)
abyssinian lovebird
Lovebird Abyssinian ini sayapnya berwarna hitam, dan terdapat lingkar warna hijau pada bagian muka betina, sedangkan yang jantan warnanya merah. Warna tubuh lovebird betina berwarna hijau, dan hijau muda. Lovebird jenis ini paling banyak menyebar di daratan Eropa.

9. Black-cheeked lovebird (Agapornis nigrigenis)
black cheeked lovebird
Lovebird jenis ini dinamai black cheeked dikarenakan warna di bagian pipinya hitam, sedangkan tubuhnya berwarna hijau. Burung lovebird yang ini terdapat banyak di Zimbabwe dan Zambia.

Baca juga: Ragam Lovebird Parblue

Demikianlah pembahasan kali ini tentang jenis lovebird, bagi sobat yang mungkin juga tertarik untuk mendapatkan informasi tentang jenis burung kenari maka silahkan baca artikel tentang "suara lovebird".