Mengapa Indukan Kenari Tidak Mau Mengerami Telur-Telurnya?

Advertisement
Advertisement
Menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi para penangkar kenari bila menemui kenari indukannya yang seharusnya mengerami telurnya malah tidak mau mengeraminya. Dan banyak pula kenari mania yang bertanya-tanya, mengapa sih kenari indukan milikki kok tidak mau mengerami telurnya? Ok, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membantu memberikan informasi seputar penyebab indukan kenari tidak mau mengerami telurnya.


kenari tidak mau mengerami

Sebuah kegagalan memang bila burung kenari indukan yang diharapkan untuk berkembang biak namun, dalam proses mengerami malah tidak mau mengerami. Meskipun sebenarnya, penangkar bisa mengakali dengan caranya sendiri menjadikan telur kenari seperti dierami, salah satunya dengan menggunakan alat yang dirancang khusus sebagaimana telah banyak dilakukan oleh peternak ayam. Namun, hal ini dirasa kurang baik oleh sebagian besar kicau mania, terutama untuk ternak burung kenari.

Salah satu dampak negatif bila indukan kenari tidak mau mengerami telurnya, maka tentu susah sekali telurnya itu akan menetas (baca: telur kenari gagal menetas). Selain itu juga bila proses mengeraminya setengah-setengah maka bisa juga mengakibatkan telur-telurnya itu menjadi bonor/rusak. Bagi anda yang penasaran ingin tahu apa penyebab indukan kenari tidak mau mengerami telur, maka bisa anda lihat informasinya di bawah ini.

Berikut adalah beberapa penyebab indukan kenari tidak mau mengerami telur-telurnya:

1. Gen/keturunan
Banyak pula penangkar kenari yang menemui kenari yang karakternya susah dalam hal kawin dan mengerami. Itu bisa dilihat pada kenari indukan yang dimiliki sebelumnya, dan keturunannya pun juga mirip dengan indukan ketika sudah dewasa.

2. Adanya kenari pejantan
Mungkin dikarenakan adanya kenari pejantan yang berada di dekat atau disekitar kenari indukan. Karena kicauan pejantan mampu menarik perhatian kenari betina (simak: suara kenari), sehingga menjadikan kenari indukan tersebut tidak bisa fokus dan bahkan lebih tertarik untuk menanggapi kenari jantan.

3. Banyaknya kutu yang menyerang
Semakin banyak kutu yang bersembunyi dalam bulu-bulu kenari, dan menggigitnya, maka hal ini menjadikan kenari semakin merasa tidak nyaman berdiam diri di sarang untuk mengerami, sehingga menjadikannya selalu bergerak.(baca: cara menghilangkan kutu pada kenari).

4. Adanya binatang pengganggu
Terdapat hewan pengganggu yang berada di sekitar, seperti: cicak, semut, kucing, ayam, anjing, dan lain sebagainya yang sekiranya dapat menjadikan kenari selalu merasa was-was tentu berpengaruh terhadap kenyamanan dalam proses mengerami telur.

5. Sarang yang kotor
Kandang kotor sekaligus sarangnya yang kotor penuh dengan kotoran yang membusuk, tentu menjadikan kenari merasa tidak nyaman. Ditambah lagi kotoran-kotoran tersebut tidak hanya bau, tetapi menimbulkan banyak bakteri jahat yang dapat menggeanggu kesehatan kenari (baca: cara membersihkan sangkar kenari).

6. Pakan
Pakan harus selalu tersedia saat kenari sedang dalam masa mengerami, namun bila kekurangan/kehabisan pakan, maka tentu kenari akan kelaparan, dan lebih memilih aktif bergerak untuk mencari pakan ataupun sekedar caranya saja untuk meminta pakan kepada pemiliknya.

7. Cuaca yang ekstrim
Biasanya burung kenari tidak mau mengerami karena cuaca yang ekstris, yaitu cuaca panas. Karena jika terus berada di sarang, maka membuatnya merasa semakin gerah dan panas.

8. Pencahayaan yang kurang ataupun malah berlebihan
Pencahayaan berfungsi untuk memberikan kehangatan dan rasa nyaman bagi kenari, apalagi untuk proses pengeraman tentu sangat membantu sekali. Namun, kurang bagus pula bila pencahayaannya terlalu berlebihan, maka tentu juga menjadikan kenari merasa silau dan kurang nyaman, atau bahkan membuat matanya bisa katarak.

9. Kondisi yang ramai
Kondisi ramai sebenarnya tidak disukai oleh burung kenari, maka dari itu jangan diletakkan di keramaian, atau dekat dengan banyak anak bermain, atau bisa juga dekat dengan lalu lalang kendaraan (baca: rumah kenari).

10. Kenari sakit
Nah, ini juga menjadi faktor utama yang menjadikan kenari tidak mau mengerami (baca: penyakit kenari). Berikan OrBird sebagai antibiotik untuk meringankan dan mengobati segala penyakit yang diderita burung kenari kesayangan anda.

Demikian beberapa faktor penyebab mengapa indukan kenari tidak mau mengerami telur, semoga informasi yang kami sampaikan kepada anda bisa bermanfaat. Mungkin anda juga tertarik untuk mengunjungi artikel yang tidak penting yaitu tentang burung kenari vs murai batu.