Ciri-ciri Burung Kenari Berjodoh

Advertisement
Advertisement
Dalam usaha budidaya burung kenari, kenari yang berjodoh merupakan awal dari kesuksesan. Bagi penangkar kenari, tentu ingin agan kenari yang dijodohkan itu segera berjodoh, namun bila sudah dijodohkan tetapi malah tetap tidak berjodoh, maka hal ini akan menjadi sang penangkar merasa kesal. Beternak kenari memang butuh kesabaran, terlebih bila selalu sabar dalam setiap menangani kenari di setiap perawatannya hingga permasalahan-permasalahan yang dihadapi.

Kebanyakan penangkar kenari yang kesal karena kenari tidak cepat berjodoh, maka yang dilakukan adalah dengan mengganti salah satu kenari baik jantan maupun betina yang dianggap kurang tepat. Seperti yang kami jelaskan di atas, bahwa menjodohkan burung kenari memang diperlukan kesabaran ekstra, dan ada kemungkinan lain, salah satunya karena ketidaktauan mengenai ciri kenari berjodoh itu bagaimana (baca juga: suara kenari).

kenari berjodoh

Maka dari itu, berikut beberapa tanda-tanda burung kenari yang berjodoh dari beberapa tahapan yang dapat anda ketahui:

1. Tahap awal
  • Apabila sangkar kenari jantan didekatkan dengan sangkar kenari betina, kemudian reaksi kedua kenari itu saling berdekatan dan memadukan paruhnya, maka ini merupakan tanda-tanda berjodoh.
  • Pun juga ketika malam hari, meski berbeda sangkar tapi tidurnya berdekatan, maka ini bisa jadi tanda berjodoh.
  • Biasanya kenari jantan berkali-kali berkicau dengan suara lantang serta dengan gerakan ke kanan dan kekiri, sedangkan kenari betina juga menyauti dengan kicau cit..cit..serta dengan mengepakkan sayapnya, maka ini juga merupakan pertanda kenari tersebut berjodoh.
  • Pada tahapan ini memang memerlukan proses, dan prosesnya bisa cepat juga bisa laa, tergantung kedua burung kenari itu.
2. Tahap ke dua
  • Apabila kedua kenari tersebut dikumpulkan dalam satu snagkar, dan apabila keduanya saling berdekatan dan bahkan saling memadukan paruhnya, maka ini termasuk ciri kenari berjodoh.
  • Ketika malam hari, kenari saling berdekatan dan merapat.
    3. Tahap ke tiga
    • Pada tahap ini kenari betina sering kali mengumpulkan serabut-serabut atau dedauan kering untuk dijadikan sarang.
    • Pada saat kenari jantan berkicau dengan suara keras, maka kenari betina langsung merundukkan badannya dan mengangkat ekornya, ini pertanda kenari tersebut siap untuk kawin dan berjodoh.
    Bisa anda tengok juga artikel terkait hal ini, yaitu berjudul ciri-ciri kenari betina siap kawin dan ciri-ciri kenari mau bertelur.

    Demikianlah sedikit untaikan kalimat-kalimat seputar ciri-ciri kenari berjodoh, semoga apa yang kami share ini bisa menjadi referensi dalam mencari info mengenai ciri kenari berjodoh, semoga bermanfaat.