Cara Menyimpan Kroto Agar Awet Dan Tahan Lama

Advertisement
Advertisement
Bagi semua penggemar burung kenari, tentu jika sudah terlalu sayang pada kenarinya, maka akan selalu berusaha memberikan perawatan yang terbaik. Salah satu perawatan yang baik adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas. Salah satu pakan untuk burung kenari yang bagus mengandung protein yang sangat tinggi adalah kroto. Meski kroto tidak selalu diberikan, namun kroto cukup istimewa buat burung kenari. Koto bisa menjadi sarapan yang lezat untuk burung kenari di setiap pagi hari, apalagi ketika selesai dimandikan dan dijemur.

kroto

Sebelumnya kami telah mengulas seputar manfaat kroto untuk kenari, dan kali ini kami akan mengulas tentang cara menyimpan kroto agar awet dan tahan lama, karena jika dilihat-lihat  kroto bukanlah tipe pakan yang bisa tahan lama jika dibiarkan begitu saja, namun juga perlu tips dan trik khusus agar kroto yang kita beli itu bisa awet dan tahan lama untuk jangka panjang. Jangka panjang maksudnya agar setiap kali membeli kroto tidak harus selalu habis untuk sekali pakai atau sekali makan, namun juga bisa untuk beberapa kali pakai. Sehingga hal ini bisa menjadi lebih hemat, karena mengingat kroto merupakan pakan EF yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan burung kenari kesayangan.

Biasanya kroto setelah dibeli paling kuat bisa tahan sampai 1 hingga 2 hari saja, maka dari itu perlu adanya cara khusus agar kroto tersebut bisa bertahan lebih lama lagi. Dan tentu cara yang kita pakai ini tetap membuat kroto menjadi lebih awet dan masih bagus untuk dikonsumsu oleh burung kenari kesayangan.

Adapun tips dan cara menyimpan kroto agar lebih tahan lama adalah sebagai berikut:
  1. Bila perlu, sebaiknya setelah membeli kroto dari pasar dicuci terlebih dahulu, karena biasanya kroto terkontaminasi dengan bahan-bahan atau zat-zat yang mungkin kurang baik untuk kesehatan kenari, namun bila dianggap sudah bersih ya tanpa dicuci juga tidak apa-apa. Apabila kroto setelah dicuci, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan kroto didepa kipas angin. Jika sudah kering, maka selanjutnya adalah masukkan kroto tersebut dalam wadah yang bersih, baik wadah yang terbuat dari pastik ataupun beling/kaca. Lalu masukkan/simpan ke dalam kulkas di bagian yang tidak terlalu dingin.
  2. Ini adalah cara ke dua yang bisa anda lakukan, yaitu dikarenakan kita tidak memiliki kulkas maka alternatif selanjutnya yaitu pertama angin-anginkan dulu dengan kipas hingga kelembabannya berkurang, yang pasti kroto jangan terlalu basah/lembab agar tidak cepat membusuk.
Bagi sobat kenari mania yang berminat untuk beternak kroto, bisa anda baca artikel terbaru seputar cara budidaya kroto.

Mungkin cukup sekian sedikit tips mengenai cara menyimpan kroto agar awet yang bisa kami sajikan buat sobat pecinta burung kenari, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa juga untuk mampir dan melihat artikel lain yang cukup menarik, yaitu tentang: suara kenari dan kenari Taiwan.