Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Hallo kawanku para penggemar burung kenari tercinta, ada salah satu permasalahan yang sering dialami oleh para penghobi burung kenari. Apakah itu? ya, burung kenari kesayangan sedang terserang oleh kutu-kutu kupret yang tentu menjadikan kenari merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya itu.

Perlu anda tahu bahwa kutu termasuk dalam jenis parasit penghisap darah yang sangat mengganggu sekali. Bahkan sampai menjadikan burung kesayangan menjadi tidak mau berkicau lagi, dan herannya adalah kutu-kutu kupret ini mampu menghasilkan 6 telur sekaligus dalam sehari, serta menetaas dalam waktu selama 8 hari. Maka dari itu, burung kenari yang sedang menderita penyakit kutu ini harus segera diatasi agar kutu tersebut tidak berkembang biak semakin banyak lagi (baca: penyakit kenari).

kutu burung kenari

Biasanya kutu berada di bulu-bulu burung, dan menempel di kulit, dan bisa kapan saja menggigit kulit atau menghisap darah burung. Kasihan sekali burung kenari yang diserang kutu, maka dari itu sebagai pemilik burung kenari harus segera memberikan penyelamatan dan pengamanan pada burung kesayangannya agar lepas dari serangan kutu-kutu jahat itu.

Lalu bagai mana cara menghilangkan kutu burung itu? caranya bisa anda simak informasinya berikut ini:

1. Menggunakan air tajin atau air bekas cucian beras.
Air tajin ini bisa menembus lapisan lilin pada bulu burung yang banyak kutunya, dan carahya bisa dengan membasahinya langsung baik dengan disiram/dimandikan dengan tangan atau juga bisa dengan semprotan kispray. Kemudian tunggu hingga kering, atau diangin-anginkan terlebih dahulu. Nah, setelah kering, baru anda bisa menarik setiap kutu yang ada, dan mengambil kutu ini sangat mudah.

2. Menggunakan air dari rendaman daun sirih.
Siapkan daun sirih sebanyak 10 helai, kemudian rebuslah dalam air kurang lebih 1 liter. Tunggu hingga matang, tandanya warna air telah berubah menjadi hijau pekat. Lakukan dengan cara menyemprotnya seperto cara nomor 1, atau bisa juga membasuhnya dengan menggunakan alat yang berupa sikat gigi, karena sikat gigi lebih efektif dan bisa sampai pada kulit hingga terkena air rebusan daun sirih.

3. Menggunakan Obat
Semprot bulu-bulu kenari dengan air yang sudah tercampur dengan obat alami OrBird.

Mungkin cukup sekian penjelasan singkat mengenai cara menghilangkan kutu burung, semoga apa yang kami jelaskan di atas dapat bermanfaat, khususnya dapat menjadikan informasi tambahan bagi anda tentang bagaimana cara menghilangkan kutu-kutu kupret yang menyerang burung kesayangan anda. Jangan lupa juga untuk menyempatkan baca artikel sebelumnya, yaitu tentang: suara kenari dan ciri-ciri kenari berjodoh.