Cara Mengatasi Kenari Yang Sering Mengacak-acak Dan Membuang Pakan

Advertisement
Advertisement
Meskipun merawat burung kenari merupakan hobi yang tentunya sangat menyenangkan. Namun, ada kalanya sang kenari membuat sang pemilik merasa geram atas tingkah lakunya. Salah satunya adalah ketika sang pemilik memberikan pakan yang istimewa/berkualitas untuk kenari kesayangannya, tetapi malah kenari itu tidak mau memakannya, bahkan membuangnya dengan cara mengacak-acak wadah yang berisi pakan tersebut. Tentu hal inilah yang menjadikan sang pemilik terkadang jengkel, oleh karena itu pada postingan kali ini kami akan mencoba membagikan sedikit tips mengatasi burung kenari yang sering kali membuang pakannya.

kenari membuang pakan

Sebenarnya, burung kenari yang bertingkah membuang pakan atau mengacak-acak pakan itu merupakan hal yang wajar, karena pada umumnya tak jauh berbeda dengan jenis burung lainnya seperti; murai batu, kacer, cendet, dan lain-lain juga sering kali bertingkah seperti itu. Yang terpenting adalah bagaimana kita merawat kenari itu sebaik mungkin, selain memberi pakan juga selalu membersihkan kandang kenari agar selalu bersih dan tentunya tidak menimbulkan penyakit. Apabila kita menemui pakan kenari yang berceceran di dasar lantai sangkar, maka yang harus dilakukan adalah segera membersihkannya agar tidak keburu membusuk.

Pada saat burung kenari kesayangan anda sedang mengacak-acak pakannya, maka cobalah perhatikan, apakah cuma kulitnya saja satau pakannya yang utuh. Biasanya juga burung kenari yang mengacak-acak pakan juga dikarenakan kenari tersebut sedang mencari pakan yang disukai, dan kebetulan pakan yang disukai itu berada di bagian bawah. Kenari yang gemar mengacak-acak pakan juga bisa dikarenakan kenari itu sangat rakus, dan perhatikan juga apakah badannya nyilet atau tidak. Karena apabila badannya nyilet tapi terlihat rakus, aka bisa jadi kenari tersebut terkena penyakit cacing yang tentu harus segera diobati, dan berikan OrBird sebagai obat alami anti cacing. Adapun jika kenari gemar mengacak-acak pakan, yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti wadah terbuka menjadi lebih tertutup, agar pakan tidak tercecer dan terbuang sia-sia. Selain itu juga bisa ditambahkan selembaran koran atau karpet di bagian dasar sangkar dengan maksud agar lebih mudah membersihkan kandang kenari yang tercecer pakan maupun kotorannya.

Cukup sekian dulu sedikit penjelasan mengenai cara mengatasi kenari yang sering membuang pakan, semoga artikel ini bisa berguna bagi sobat semua. Jangan lupa juga untuk melihat artikel sebelumnya tentang: suara kenari dan rumah kenari, semoga bermanfaat.