Bahaya EF Buah Alpukat Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Sebenarnya buah alpukat tidak diperbolehkan untuk diberikan pada burung kenari maupun burung kicau lainnya. Mengapa dilarang? apa dampak negatif dari makan keseringan makan buah alpukat bagi kenari? untuk informasi selanjutnya bisa anda ikuti pembahasan kali ini mengenai bahaya alpukat bagi burung kenari.

Alpukat atau persea americana ini sebenarnya merupakan buah khas dari negara Meksiko. Karena berdasarkan sejarahnya, bahwa negara Meksiko adalah termasuk negara yang dijajah oleh Spanyol, maka buah alpukat telah dikembangbiakkan di Spanyol dan meluas hingga ke sebagian besar daratan Eropa, termasuk juga banyak di Belanda.

alpukat untuk kenari

Nah, pada saat Belanda menjajah Indonesia, saat itulah banyak pula bibit yang dibawanya dan hingga kini alpukat menjadi buah yang sangat populer di kalagan masyarakat, meskipun banyak yang menganggap bahwa buah alpukat adalah buah asli lokal. Dan pada umumnya buah alpukat dijadikan untyuk jus, bisa anda lihat di toko-toko jus bterdekat yang hampir semuanya menyertakan buah alpukat sebagai buah utama untuk minuman jus.

Bagi manusia buah alpukat sangat bagus untuk dikonsumsi, namun mengapa untuk burung kicau itu dilarang? Bahkan hampir dari seluruh buah alpukat itu terlarang, mulai dari daun, batang, kulit buah, isi buah, hingga daging buahnya yang tidak diperbolehkan untuk diberikan pada burung kicau. Alasannya, karena mengandung zat kimia yang disebut persin.

Zat persin dapat menimbulkan reaksi racun yang cukup berat bagi burung kicau, termasuk kenari. Persin dapat menyebabkan gangguan yang disebut dengan sitilah nekrosis miokardial. Apakah itu nekrosis miokardial? itu adalah gangguan penyempitan pembuluh darah koroner, meskipun hanya penyempitan namun bila sudah masuk stadium akut bisa sangat berbahaya bagi kenari, bahkan bisa sampai pada kematian.

Adapun tanda-tanda bahaya yang diakibatkan oleh buah alpukat yang dikonsumsi oleh burung kenari bisa anda simak berikut ini:
  1. Burung bisa susah atau tidak mampu untuk bertengger.
  2. Terjadinya akumulasi cairan di bagian jantung bisa menyebkan kenari sesak nafas.
  3. Bagian hati juga bisa bermasalah.
  4. Jika gangguan dialami dalam jangka waktu yang cukup laa juga bisa menyebabkan gangguan ginjal.
  5. Yang paling parah bisa menyebabkan kematian.
Mungkin itulah penjelasan dari kami mengenai buah alpukat untuk kenari, semoga apa yang kami bahas kali ini bisa menjadi sebuah waewasan penting bagi anda agar tidak memberikan EF buah alpukat untuk kenari kesayangan anda demi kesehatannya. Silahka lihat juga artikel lain yang mungkin berguna bagi kenari anda, yaitu tentang: suara kenari dan kenari cacingan.