Tips Membersihkan Kandang / Sangkar Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Bagi penghobi burung kenari, merawat burung adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, karena tanpa adanya paksaan, pemilik kenari dengan ikhlas atau sukarela dalam memberikan segala hal yang dibutuhkan oleh kenari, mulai dari pemberian pakan, pemandiannya, penjemuran, dan lain-lain. Memelihara kenari juga bisa menjadi sebuah pekerjaan sampingan yang tentu menghasilkan. Karena banyak pula yang menjadikan burung kenari sebagai bisnis dan pekerjaan utamanya adalah mengembangbiakkannya kemudian menualnya di pasaran.

kandang kenari kotor

Dalam proses memelihara burung kenari tentu ada warna-warni masalah yang harus dihadapi dan harus segera diatasi oleh para penghobi kenari. Salah satu hal kecil yang dapat menjadi masalah besar adalah ketika sangkar kenari kotor, entah itu kotor karena pakan yang berceceran, ditambah lagi dengan bercampur air minum yang tumpah, atau kotoran kenari itu sendiri. Apabila hal ini terus dibiarkan tentu akan berdampak buruk pada kenari tersebut, yakni semakin banyak bakteri jahat yang dapat menyerang kenari dan kenari menjadi sakit.

Sebenarnya membersihkan sangkar kenari harus rutin setiap hari, bila perlu ketika kita melihat ada kotoran, maka bisa langsung segera membersihkannya. Adapun tips membersihkan sangkar kenari bisa anda simak dibawah ini.

Berikut cara agar mudah membersihkannya:
  1. Sediakan karpet atau sejenis terpal yang tentu harus licin agar mudah dibersihkan, potonglah karpet itu sesuai dengan ukuran lantai dasar pada sangkar kenari, yakni bentuk persegi, ataupun persegi panjang (menyesuaikan sangkar kenari milik anda).
  2. Sediakan minimal 2, yang satu sipasang dan yang satunya lagi dipakai cadangan untuk dipasang secara bergantian.
  3. Karpet tersebut harus selalu ada.
  4. Setiap pagi hari karpet yang terdapat banyak kotoran kenari harus diambil dan diganti dengan karpet cadangan.
  5. Bila perlu setiap ada kotoran yang dirasa cukup banyak, bisa langsung diganti dengan karpet yang baru, begitu seterusnya.
  6. Jangan lupa juga untuk membersihkan tangkringannya.
  7. Semprot dengan air yang dicampur dengan OrBird berfungsi untuk menghilangkan bau kotoran.
Sebisa mungkin kebersihan sangkar kenari harus selalu dijaga agar kenari tetap merasa nyaman dan senang, karena jika selalu bersih maka tentu kenari akan selalu sehat dan tampil prima atau terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, ataupun virus. Jika kenari sehat maka tentu juga akan sangat senang untuk gacor, dan kenari yang rajin gacor harganya sangat mahal. Mungkin anda penasaran dengan harga kenari terbaru bisa anda lihat pada artikel tentang harga kenari.

Demikianlah beberapa tips membersihkan sangkar kenari, semoga apa yang kami sajikan di atas bisa menjadi acuan dalam menjadikan sangkar kenari tetap bersih dan nyaman. Sebelum artikel ini, ada artikel sebelumnya yang juga cukup bagus untuk anda simak, yakni seputar: suara kenari dan penyebab anakan kenari mati dalam sarang.