Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Kawin / Berpasangan

Advertisement
Advertisement
Memelihara burung kenari merupakan salah satu kegiatan yang snagat menyenangkan sekali. Saat ini sangat banyak sekali penggemar burung kenari di Indonesia, sehingga kenari termasuk salah satu jenis burung primadona. Apalagi bila memiliki burung kenari yang postur tubuhnya indah serta memiliki suara kicauan yang sangat merdu (simak: suara kenari), tentu hal ini sangat menggembirakan. Ada sisi-sisi tertentu yang memang bikin bahagia pemiliknya, namun ada sisi-sisi lain yang juga dapat menjadikan pemiliknya merasa sedih bila kenari kesayangannya mengalami suatu permasalahan.

kenari kawin

Bagi penangkar kenari yang berusaha untuk membudidayakan kenari tentu menginginkan agar kenari mampu berkembangbiak lebih banyak, karena jika semakin banyak tentu akan menghasilkan keuntungan yang besar, karena saat ini harga kenari juga cukup mahal, serta para pemburunya juga sangat banyak. Tentu usaha budidaya kenari sangat prospek sekali, baik untuk saat ini maupun kedepannya/ untuk jangka panjang.

Dari sekian banyak masalah yang sering dialami oleh penangkar kenari, mulai dari kenari sakit, anakan kenari mati, kaki kenari bengkak, kaki kenari patah, dan masih banyak yang lainnya, dan yang akan kami bahas kali ini adalah untuk mengetahui tentang penyebab kenari tidak mau kawin. Bagi penangkar kenari yang berusaha untuk mengawinkan kenari agar segera bisa menghasilkan keturunan yang bagus sesuai dengan harapan, maka mengawinkan kenari harus dilakukan. Namun, menyedihkan bila sudah berusaha untuk mengawinkan, tapi ternyata kenari tidak mau kawin. Oleh karena itu, bagi sobat penangkar kenari yng mungkin termasuk pemula, maka akan kami sajikan kepada anda mengenai informasi penyebab kenari tidak mau kawin. Sebelum baca penyebab kenari tidak mau kawin, maka terlebih dahulu baca artikel tentang ciri-ciri kenari siap kawin.

Adapun beberapa penyebabnya mengapa kenari tidak mau berpasangan adalah sebagai berikut:
  1. Kemungkinan jenis kelamin dari indukan yang dikawinkan itu sama, yakni jantan dan jantan atau betina dengan betina, jadi harus tahu dulu tentang ciri-ciri kelamin jantan maupun betina (baca: cara membedakan kelamin jantan dan betina).
  2. Bisa juga karena faktor usia, yakni usia kenari masih belum cukup umur/ belum masuk kategori dewasa.
  3. Mental belum siap kawin, mental bisa juga karena usianya belum cukup dewasa.
  4. Faktor lingkungan yang tidak mendukung, misalnya: pencahayaannya terlalu terang, kondisi yang terlalu ramai, ataupun dekat dengan binatang yang dapat mengganggu, dan lain-lain.
  5. Kenari yang sakit.
  6. Kenari mengalami obesitas/ kegemukan (Baca: cara mengatasi kenari yang kegemukan).
  7. Kenari kurus/ nyilet (Baca: cara mengatasi kenari yang nyilet).
  8. Kemungkinan juga karena gangguan hormonal.
  9. Burung mengalami cacat fisik, seperti: kenari cacata fisik karena keturunan, kenari kakinya jamuran, kenari digigit nyamuk, dll).
  10. Keseringan dikawinkan juga berpengaruh.
  11. Kondisi kandang kenari yang teramat kotor, sehingga menjadikan kenari merasa tidak nyaman (Baca: cara membersihkan sangkar kenari).
Sebenarnya sangat banyak sekali penyebab mengapa kenari tidak mau kawin, selebihnya bisa anda amati sendiri pada kenari kesayangan anda, dengan begitu anda akan semakin pengalaman dalam menangani segala permasalahan yang terjadi pada kenari anda. Cukup sekian dulu pembahasan kali ini tentang penyebab kenari tidak mau kawin, semoga apa yang kami share ini bisa bermanfaat.