Penyebab Anakan (Piyik) Burung Kenari Mati Di Dalam Sarang

Advertisement
Advertisement
Saat ini burung kenari sudah sangat populer di mata masyarakat, karena berbagai jenis kenari yang beredar di Indonesia sudah sangatlah banyak (Baca: macam jenis kenari). Burung kenari adalah burung yang digemari karena burung ini dari segi perawatannya pun cukup mudah dan tidak ribet, mulai dari harga pakannya yang terjangkau dan mudah didapatkan, selain itu juga dari segi keunggulan memang kenari ini postur tubuhnya mungil namun indah sekali karena warnanya yang bagus serta juga memiliki suara yang sangat memukau (simak: suara kenari). Hal inilah yang menjadi alasan mengapa burung kenari kini menjadi burung yang diikutsertakan dalam even-even  perlombaan burung berkicau.

anakan kenari

Maraknya penghobi kenari yang kian bertambah, semakin banyak pula penangkar kenari yang berusaha untuk terus membudidayakan burung ini. Karena jika dilihat dari segi bisnis, burung kenari ternyata prospeknya sangat menjanjikan. Selain ramai di pasaran, juga perawatannya pun terbilang mudah dan simpel. Ramanya kenari di pasaran lokal, tentu juga menjadikan harga kenari sedikit naik, tetapi tidak terlalu menanjak. Namun, tahukah anda bila merawat burung kenari memang mudah, tapi terkadang penghobi merasa kesusahan bila mengalami masalah pada kenari kesayangannya misalnya: kenari sedang sakit, kenari kakinya bengkak, kenari kakinya jamuran, kenari mengalami stres, dan lain sebagainya.

Salah satu masalah yang juga dialami oleh penangkar kenari adalah ketika berusaha untuk membudidayakan kenari, terjadi sebuah peristiwa yang sangat menyedihkan, yakni anakan kenari mati di dalam sarang. Nah, ini yang menjadikan penangkar kenari bingung, sebenarnya apa yang menyadi penyebab anakan kenari ini mati? bagi penangkar kenari yang masih pemula pasti bingung, namun bagi yang sudah pengalaman  maka ini adalah hal yang biasa.

Adapun penyebab anakan kenari mati bisa anda lihat infonya berikut ini:
  1. Kelelahan pada induknya bisa jadi menjadi penyebab kematian anakannya, terkhusus bagi indukan muda yang tergolong belum berpengalaman.
  2. Indukan sedang sakit, sehingga tidak mampu merawat anakannya.
  3. Keliru dalam hal pemberian pakan.
  4. Penyakit yang menyerang. Kondisi kandang kenari yang kotor dapat menimbulkan banyak kuman dan bakteri jahat yang dapat menyerang kenari anakan.
Sekian penjelasan seputar penyebab anakan kenari mati di dalam kandang, semoga setelah anda mengetahu beberapa penyebabnya di atas, maka bisa menjadi waspada dan selalu menjaga agar kenari tetap sehat dan awet.