Inilah Kesalahan Merawat Burung Kenari YS / Yorkshire

Advertisement
Advertisement
Tahukah anda bahwa jenis kenari ada banyak sekali (lihat: jenis kenari), dan setiap jenis kenari itu memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing. Salah satu jenis kenari yang paling mahal harganya adalah burung kenari Yorkshire. Kenari Yorkshire termasuk salah satu jenis kenari termahal serta unggulan dalam keindahan postur. Saat ini, kenari Yorkshire penggemarnya cukup banyak sekali di Indonesia. Dan mungkin agan berminat untuk merawat burung kenari Yorkshire, maka bacaan kali ini akan membahas seputar kesalahan dalam merawat kenari Yorkshire atau yang sering disebut YS atau Yokser.

foto kenari yorkshire

Harga kenari Yorkshire sangat mahal sekali, bisa anda cek sendiri di artikel yang dengan judul harga kenari terbaru. Untuk kenari yang masih piyek saja harganya mencapai ratusan ribu rupiah, namun mahalnya harga ini tentu sesuai dengan kualitas kenari Yorkshire yang istimewa dan diburu banyak orang. Karena banyak juga penangkar kenari yang mengembangbiakkan kenari YS ini dengan cara dikawinkan dengan kenari yang diinginkan, hingga menghasilkan keturunan F1 YS dan sebagainya.

Dari segi suara, kenari Yorkshire memang bukan tipikal penyanyi, namun kicauannya juga tak kalah bagus dengan kenari lainnya (baca: kicau kenari Yorkshire). Adapun untuk perawatan kenari Yorskhire tentu harus  benar-benar diperhatikan, dan kenari mania juga harus tahu perawatan yang tepat itu seperti apa. Mengingat bahwa kenari Yorkshire postur fisiknya berbeda dari kenari biasanya, dan kenari ini berasal dari Eropa yang tentu harus menyesuaikan diri dengan kondisi di Indonesia. Dan di bawah ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh kenari mania dalam merawat kenari Yorkshire.

Berikut kesalahan merawat kenari Yorkshire:
  1. Postur tubuh kenari Yorkshire lebih besar dari kenari lokal, maka kebutuhan gizinya tentu lebih besar, kebanyakan orang menyamakan pakan kenari lokal dengan kenari biasa, oleh karena itu sebaiknya pemberian nutrisi/gizi untuk kenari Yorkshire harus lebih ekstra.
  2. Pemberian pakan kiloan yang murah untuk Yorkshire dan tidak memperhatikan kualitas, hal ini dapat berdampak buruk bagi stamina kenari YS, yaitu staminanya bisa menurun. Apabila stamina kenari YS menurun, maka bisa menyebabkan kenari ini macet bunyi, birahinya drop, dan sulit dikawinkan.
  3. Terlalu banyak memberikan pakan tambahan yang berupa kuning telur, hal ini kurang bagus karena jika terlalu banyak diberi kuning telur, dapat menyebabkan kenari ini menjadi kegemukan dan nggajeh. Kuning telur mengandung tinggi lemak, jadi kurang tepat bila diberikan dengan porsi yang banyak.
  4. Dari segi penjemuran juga banyak yang terlalu lama dalam menjemur kenari Yorskhire, hal ini kurang tepat mengingat kenari Yorskhire berasal dari daerah yang dingin, sedangkan di Indonesia iklimnya tropis. Apabila penjemuran dilakukan secara berlebihan, maka kenari Yorskhire mudah sakit dan ngorok. Untuk penjemuran Yorkshire cukup 1 jam saja ketika jam 8 pagi, karena Yorskhire juga sangat sensitif terhadap perubahan suhu yang ekstrim. 

Demikianlah pembahasan tentang kesalahan merawat kenari Yorkshire kali ini yang bisa kami berikan buat sobat semua, semoga menjadi sebuah pembelajaran dalam merawat burung kenari Yorkshire yang mahal ini. Jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel yang juga patut untuk anda baca, yaitu tentang: suara kenari dan air minum yang baik untuk kenari.