Cara Tepat Merawat Burung Kenari Yorkshire Yang Baru Beli

Advertisement
Advertisement
Selamat siang sobat pecinta burung kenari, sebagai penggemar burung kenari tentu tau tentang burung kenari impor jenis Yorkshire kan, kenari ini merupakan jenis kenari impor yang paling mahal diantara kenari lainnya. Kenari YS hingga saat ini menjadi incaran banyak orang karena kemewahannya serta keindahan warna dan postur fisiknya, jadi, wajar bila kenari Yorkshire adalah jenis kenari yang sangat populer di Indonesia. Untuk mengetahui ciri-ciri kenari YS, bisa anda baca artikel tentang ciri-ciri kenari Yorkshire.

kenari yorkshire

Kenari Yorkshire memiliki postur fisik yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis kenari lainnya. Karena kualitasnya yang memang istimewa dari kenari ini, membuat para kenari mania rela merogoh kocek yang banyak demi mendapatkannya. Tak sedikit pula yang berusaha untuk menangkarkannya dan menggembangkanbiakkan kenari ini hingga menghasilkan kenari F1 YS dan seterusnya.

Mengingat bahwa kenari YS harganya sangat mahal (Lihat: harga kenari), maka dari segi perawatannya pun harus benar-benar diperhatikan. Perawatan sebaik mungkin harus dilakukan untuk kenari jenis ini, karena melihat kenari ini adalah kenari yang mahal serta termasuk kenari impor yang berasal dari daerah yang cuacanya sangat dingin, dan kini berada di Indonesia yang cuacanya tentu berbeda. Maka dari itu diperlukan adanya perawatan pada kenari Yorkshire dengan baik dan benar, agar kenari ini selalu sehat dan tampil prima.

Adapun cara merawat kenari Yorkshire yang baru beli adalah sebagai berikut:
  1. Biji-bijian lengkap patut diberikan pada kenari Yorkshire, karena kenari ini sangat menyukai biji-bijian, serta kandungan gizi pada biji-bijian sangatlah tinggi.
  2. Untuk pertama kalinya jangan diberi pakan berupa sayuran, karena Yorkhire berasal dari daerah yang dingin, sehingga tidak terbiasa makan sayur-sayuran. Pemberian sayur bisa dilakukan ketika kondisi Yorkshire sudah benar-benar fit dan sekiranya sudah sesuai dengan kondisi di Indonesia.
  3. Cuaca di Indonesia cukup panas, sehingga mudah menjadikan Yorkshire lelah, sehingga perlu pemberian air minum yang juga ditambahkan vitamin agar Yorkshire tampil prima.
  4. Sebaiknya jangan memandikan kenari Yorkshire dengan semprotan, lebih baik bila diberikan wadah atau bak khusus untuk mandi, agar kenari ini mandi dengan sendirinya (Baca: cara memandikan kenari).
  5. Ketika malam sangkar harus dikerondong, dengan maksud agar kenari Yorkshire tidak digigit nya muk. 
  6. Sebaiknya taruhlah kenari Yorkshire di tempat yang terdapat banyak ventilasnya, namun jangan terlalu banyak terkena hembusan angin secara langsung.
Mungkin cukup sekian dulu penjelasan dari kami mengenai cara merawat kenari Yorkshire, semoga apa yang kami ulas di atas dapat menambah wasasan bagi kita semua khususnya para kenari mania. Mungkin anda juga tertarik untuk membaca artikel yang cukup menarik, yakni tentang: suara kenari dan manfaat laron bagi kenari.