Cara Mengobati Burung Kenari Sakit Mata / Matanya Bengkak Dan Berair (SNOT)

Advertisement
Advertisement
Bagi sobat kenari mania mungkin sedang mengalami sebuah masalah pada kenari kesayangan anda, yakni kenari matanya membengkak dan berair, maka harus segera dilakukan penanganan atau pengobatan. Silahkan simak artikel kali ini yang akan membahas tentang tips pengobatan untuk burung kenari yang matanya bengkak. Bagi sobat kenari mania yang pertama menemui penyakit yang aneh ini, tentu merasa kaget dan kasihan karena mata kenari yang biasanya normal kini jadi besar atau bengkak.

kenari sakit mata

Pada umumnya kenari yang matanya bengkak terlihat jelas bahwa matanya membesar serta matanya berair. Selain itu, yang sering dilakukan adalah menggeser/menggosokkan kepalanya itu pada dinding sangkar. Kondisi mata bengkak pada kenari apabila terus dibiarkan, maka akan semakin parah dan bahkan bisa menyebabkan kenari stres. Sebenarnya penyakit ini tidak hanya menyerang pada burung kenari saja, burung kicau lainnya juga pernah mengalami hal yang sama, serta binatang ternak lainnya seperti: ayam, bebek dan lain sebagainya. Adapun penyakit mata bengkak ini disebut dengan penyakit "SNOT".

Apa itu SNOT? SNOT adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang bagian pernapasan, atau yang juga sering disebut dengan istilah "Coryza". Penyakit ini menyebabkan kenari suaranya ngorok dan serak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri jahat yang disebut dengan istilah "Haemophilus Palagalinarum". Perlu anda ketahui bahwa bankteri negatif apabila berada di luar tubuh burung kenari, maka akan sangat mudah mati sekitar 4 jam saja. Namun, apabila berada di dialam lendir, maka bakteri ini mampu bertahan hidup 1 hingga 4 hari. Akkibat dari penyakit ini yakni menjadikan kondisi atau daya tahan tubuh burung kenari melemah, nafsu makannya menurun, dan kenari menjadi stres.

 Lalu mengapa sampai menyerang mata dan menjadikan mata membengkak? Mata bengkak dan berair ada kenari dikarenakan terjadi infeksi pada saluran pernafasan di bagian atas, atau yang sering disebut dengan istilah "ISPA". Kemudian kenari sering kali menggosok-gosokkan kepalanya, terkhusus bagian matanya, sehingga menjadikan matanya merah dan bengkak. Karena kondisi seperti inilah yang menjadikan kenari nafsu makannya menurun, dan apabila tidak segera diobati maka bisa-bisa kenari akan mati. Oleh karena itu, berikut ini bisa anda ikuti langkah-langkah pengobatan pada burung kenari yang matanya bengkak.

Cara mengobati kenari sakit mata:
  1. Pertama-tama, pisahkan kenari yang sakit mata ini dengan kenari lainnya, hal ini dimaksudkan agar penyakitnya tidak menular pada kenari lainnya.
  2. Untuk sementara, jangan lakukan penjemuran kenari.
  3. Sebaiknya sangkarnya dikerondong, atau taruh sangkar di dalam rumah hingga benar-benar sembuh.
  4. Lakukan penyemprotan desinfektan pada sangkar kenari atau dengan air panas setiap hari.
  5. Pastikan kandanga kenari harus selalu bersih.
  6. Berikan obat salep mata Oxytetracycline atau secara teratur, yakni 3 kali sehari.
  7. Sebaiknya juga diberikan minuman matang yang dicampur dengan vitamin OrBird.
  8. Biasanya dalam 2 minggu, mata kenari sudah mulai membaik.
  9. Apabila penyakit ini masih belum juga sembuh, maka segera bawa ke dokter terdekat.

Demikian sedikit penjelasan dari kami mengenai tips cara mengobati kenari sakit mata, semoga kenari yang mengalami sakit mata bisa segera sembuh. Silahkan lihat artikel menarik lainnya, yakni tentang: suara kenari dan penyebab kenari tidak mau kawin.