Cara Memperindah Suara Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Selamat siang kicau mania kenari, sebagai penghobi burung kenari tentu sangat mengenal betul karakter suara burung kenari. Ada banyak tips yang bisa dilakukan guna menjadikan kenari kesayangan anda mampu berkicau dengan suara yang sangat indah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, spesial akan kami sajikan bacaan tentang tips dan cara untuk menjadikan suara kenari lebih indah dan istimewa.

kenari bernyanyi

Harga kenari yang suaranya istimewa tentu sangatlah mahal jika dibandingkan dengan kenari yang suaranya standar/ biasa-biasa saja, atau bahkan mungkin malah macet bunyi. Salah satu kunci keberhasilan dalam merawat kenari, khususnya membuat kenari anda suaranya menjadi bagus adalah ditentukan oleh perawatan sehari-hari, apabila semakin bagus perawatan yang diberikan maka akan semakin berkualitas pula kenari anda.

Perawatan berkualitas adalah faktor penting yang bisa membuat burung kenari gampang berkicau, dan kicauannya pun akan sangat bagus. Maka dari itu, sebagai penghobi kenari tentu harus konsisten dan semamksimal mungkin dalam memberikan perawatan yang berkualitas pada burung kenari yang dimiliki.

Adapun beberapa cara memperindah suara kenari bisa anda baca poin-poinnya di bawah ini:

1. Memenuhi kebutuhan dasar kenari
Apa itu kebutuhan dasarnya?  kebutuhan dasarnya adalah segala hal yang sangat pokok dan sangat penting bagi kelangsungan hidup kenari itu sendiri yang meliputi: pemberian pakan, minum, kandang yang sesuai dan bersih (Baca: cara membuat kandang kenari dan tips membersihkan kandang kenari).

2. Suasana sekitar kenari harus nyaman
Suasanya tenang bagi kenari adalah suasanya yang nyaman, jadi sebaiknya letakkan kenari di tempat yang jauh dari keramaian, seperti: lalu lalang manusia, kendaraan, ataupun hewan ternak lain seperti ayam, kucing, bebek, dan lain sebagainya. Selain itu, suasana yang tenang juga sangat bagus untuk melatih kenari atau yang sering disebut dengan memaster kenari. Beda lagi bila berniat untuk melatih mental kenari agar lebih kuat, maka diletakkan di tempat yang ramai adalah tips yang sudah diterapkan oleh para kicau mania (Baca: cara melatih mental kenari).

3. Lakukan pendekatan pada kenari
Berinteraksi dengan kenari juga memberikan efek yang sangat bagus antara pemilik  dengan kenari itu sendiri, interaksi bisa dilakukan dengan cara bersiul, bisa dengan suara lembut, atau juga bisa dengan mengusap kenari dengan tangan secara halus atau perlaahan. Hal ini akan sangat membantu dalam hal menjadikan kenari lebih jinak (Baca: cara menjinakkan kenari).

4. Masa pubertas pada kenari
Usia kenari di atas 6 bulan adalah usia pubertas, jadi kenari sudah mulai memanggil-manggil kenari betina dengan kicauanya. Pada kondisi seperti ini, jangan langsung dicampurkan dengan kenari betina, biarkan dulu terus bernyanyi.

Demikianlah sedikit tips mengenai cara memperindah suara kenari yang dapat kami bahas kali ini, semoga kenari kesayangannya suaranya menjadi lebih indah dan lebih istimewa tentunya. Jangan lupa juga untuk menengok artikel yang telah kami tulis sebelum ini, yaitu seputar ciri-ciri kenari isabel.