Jamu / Ramuan Tradisional Untuk Burung Kenari Agar Tetap Sehat

Advertisement
Advertisement
Saat ini musimnya adalah musim penghujan, dan sering kali cuaca sangat ekstrim, mulai dari mendung, hujan deras, bahkan sushunya menjadi sangat dingin. Dengan kondisi yang seperti ini menjadikan banyak orang yang mengeluh karena kondisi tubuhnya menjadi mudah sakit, dan tidak hanya manuasia saja, bahkan burung pun yang notabene adalah hewan peliharaan/ kesayangan pun juga rentan sakit. (Baca:  tips merawat kenari di musim hujan).

ramuan untuk kenari

Di musim penghujan, salah satu penyakit yang sering diderita oleh burung kenari adalah penyakit pilek atau flu. Untuk menanganinya juga perlu pengetahuan khusus tentang masalah ini, (Baca: cara mengatasi kenari sakit pilek). Dalam kondisi apapun, sebagai penghobi kenari kita harus selalu memberikan perawatan yang terbaik buat kenari kesayangan yang kita miliki. Dan salah satu hal yang paling penting dan harus selalu diperhatikan adalah pakannya. Penghobi kenari harus kondisional dalam memperhatikan pakan burung kenari, pakan seperti apa untuk kenari agar gacor (Baca: cara meracik pakan kenari supaya gacor), ada juga pakan yang tepat untuk burung kenari yang masih anakan (Baca: pakan terbaik untuk kenari anakan), dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menyiasati agar burung kenari kesayangan anda selalu tampil fit dan tetap sehat di musim hujan seperti sekarang ini??? Nah, berdasarkan pengalaman dari para penangkar kenari, ternyata mereka memberikan rahasia yang mujarab yakni berupa jamu atau ramuan tradisional yang khusus diberikan untuk kenari kesayangannya agar selalu sehat dalam kondisi apapun. Oleh karena itu, kami akan mencoba membagikan beberapa tips ramuan tradisional untuk kenari.

Ramuan tradisonal memang sangat bagus untuk kesehatan burung kenari, karena ramuan ini mengandung banyak nutrisi serta zat-zat yang baik untuk tubuh kenari. Adapun beberapa contoh bahan dasar dari ramuan tradisional tersebut diantaranya adalah: kunyit, jahe, madu, dan kuning telurt. Adapun informasi tentang bahan-bahan yang harus disiapkan, bisa anda lihat selengkapnya berikut ini:
  1. Sediakan 3 ruas kunyit dengan ukuran sedang
  2. Sediakan 1 ruas jahe yang berukuran besar
  3. Sediakan pula 4 sendok teh madu asli
  4. Jangan lupa sediakan 1 kilo gram pakan kenari yang berupa biji-bijian
  5. Sediakan juga 2 telur ayam kampung dan diambil kuningnya saja
  6. Sediakan 10 biji (dalam bentuk kapsul) minyak ikan
  7. Yang terakhir, sediakan 2 butir natur E

Kemudian cara membuatnya bisa anda amati langkah-langkahnya di abwah ini:
  1. Pertama kalinya, jahe dan kunyit harus dikupas.
  2. Parut atau blender jahe dan kunyit hingga lembut.
  3. Masukkan parutan tersebut ke dalam baskom.
  4. Bukalah natur E, kemudian letakkan dalam wadah kecil.
  5. Buka pula minyak ikan, lalu ambil isinya, dan pindahkan ke dalam wadah kecil.
  6. Kemudian taruh juga kuning telur ke dalam wadah kecil.
  7. Tuangkan 2 sendok teh madu asli ke dalam wadah kecil bersama kuning telur, lalu aduk hingga rata.
  8. Campur jadi satu semua bahan ke dalam wadah yang lebih besar, kemudian tambahkan 1/3 gelas air putih bersih/ yang sudah matang, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  9. Cucilah pakan kenari yang sudah disiapkan dengan air, kemudian disaring hingga hasil saringannya betul-betul jernih.
  10. Campurkan pakan kenari ke dalam wadah yang berisi ramuan, kemudian aduklah hingga rata.
  11. Kemudian keringkan adonan, bisa juga dengan diangin-anginkan ataupun dijemur.
  12. Apabila sudah dikeringkan, maka selanjutnya taruh adonan tersebut ke dalam toples, dan tutup rapat.
  13. Simpanlah ramuan kenari tersebut di tempat yang kering dan sejuk.
  14. Ramuan ini siap diberikan untuk kenari kapan saja.

Semoga dengan adanya ramuan tersebut, kenari anda tetap sehat dan tampil prima atau maksimal. Jadi, cukup sekian dulu sedikit informasi mengenai ramuan tradisional untuk kenari yang dapat kami bagikan kepada anda, selamat mencoba dan semoga berhasil (baca juga: suara kenari).